KEEFEKTIFAN COMPUTATIONAL THINKING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA
DOI:
https://doi.org/10.26618/sigma.v16i1.14574Kata Kunci:
Computational Thinking, Pemecahan Masalah, MatematikaAbstrak
Computational Thinking merupakan kemampuan dasar berpikir untuk siswa serta guru dimana kemampuan tersebut dapat memberikan pola pikir yang baru untuk memperoleh pemecahan masalah serta untuk mengembangkan peluang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas computational thinking terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pretest postest control grup desain. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah yang diperoleh berdasarkan soal-soal computational thinking yang dikembangkan oleh Bebras. Teknik analisis data dilakukan dengan uji paired sample t test. Berdasarkan hasil analisis data dengan paired sample t-test diperoleh nilai probabilitas 0,000. Karena nilai probabilitas lebih kecil dibanding maka dapat dikatakan bahwa computational thinking efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Dengan demikian, kemampuan computational thinking tidak hanya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa, tetapi juga mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan dalam berbagai bidang studi dan situasi kehidupan nyata yang memerlukan pemikiran kritis, kreatif, dan terstruktur.Referensi
Anggrasari, L. A. (2021). Model Pembelajaran Computational Thingking Sebagai Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar Pascapandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Sensaseda, 1, 109–114. https://mathdidactic.stkipbjm.ac.id/index.php/sensaseda/article/view/1553
Ansori, M. (2020). Penilaian Kemampuan Computational Thinking. SALIMIYA: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 1(2), 176–193.
Bebras. (2017). Apa Itu Bebras? https://bebras.or.id/v3/apa-itu-bebras/
Cahdriyana, R. A., & Richardo, R. (2020). Berpikir Komputasi Dalam Pembelajaran Matematika. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 11(1), 50. https://doi.org/10.21927/literasi.2020.11(1).50-56
Darwis, M., Putri, W. T. H., & Hendrowati, R. (2023). Peningkatan Kemampuan Computational Thinking dalam Persiapan Tantangan Bebras 2022 Pada Siswa SD Kanaan Jakarta. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(2), 452–462. https://doi.org/10.33379/icom.v3i2.2473
Fitri, Z., & Utaminingsih, E. (2021). Penerapan Metode Computational Thinking Pada Kurikulum Aceh Untuk Mencapai Kognitif. Jurnal MathEducation Nusantara, 4(1), 60–73. https://jurnal.pascaumnaw.ac.id/index.php/JMN
Griselda, V. E. (2021). Peningkatan Computational Thinking Guru Dalam Menghadapi Blended Learning. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 1(01), 56–61. https://doi.org/10.47709/jpsk.v1i01.1291
Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2018). KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN ADVERSITY QUOTIENT SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN OPEN ENDED. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 77(3), 109–118. https://doi.org/10.1016/S0962-8479(96)90008-8
Julianti, N. H., Darmawan, P., & Mutimmah, D. (2022). Computational Thinking dalam Memecahkan Masalah High Order Thinking Skill Siswa. Prosiding Seminar Nasional MIPA UNIBA 2022, 1–7.
Kawuri, K. R., Budiharti, R., & Fauzi, A. (2019). Penerapan Computational Thinking untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MIA 9 SMA Negeri 1 Surakarta pada Materi Usaha dan Energi 6. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9(2), 116–121. https://jurnal.uns.ac.id/jmpf/article/view/38623
Maharani, S., Nusantara, T., As’ari, A. R., & Qohar, A. (2020). Computational Thinking Pemecahan Masalah di Abad Ke-21 (Issue December).
Marieska, M. D., Rini, D. P., Oktadini, N. R., Yusliani, N., & Yunita. (2019). Sosialisasi dan Pelatihan Computational Thinking untuk Guru TK, SD, dan SMP di Sekolah Alam Indonesia (SAI) Palembang. Prosiding Annual Research Seminar 2019 : Computer Science and ICT, 5(2), 7–10.
Mastura, & Santaria, R. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pengajaran bagi Guru dan Siswa. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 634.
Munirah, M. (2015). SISTEM PENDIDIKAN DI INDONESIA: antara keinginan dan realita. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(2), 233–245. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/view/879
Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 456–462. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.324
Nurcahya, I. (2022). Efektivitas Pendekatan Computational Thinking Terhadap Miskonsepsi Peserta Didik pada Materi Fisika [Universitas Raden Intan Lampung]. In Skripsi. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/autism-spectrum-disorders
Nurjannah, N. (2019). Eksplorasi Metakognisi Terhadap Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(1), 78. https://doi.org/10.24252/auladuna.v6i1a9.2019
Nurjannah, N., Mirna, M., Nurlili, N., & Imunandar, A. A. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam memecahkan masalah pisa ditinjau dari gender. JTMT : Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 1–8.
Nuvitalia, D., Saptaningrum, E., Ristanto, S., Putri, M. R., & Jannah, M. (2022). Kemampuan Berpikir Komputasi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) Jurusan Teknologi Komputer dan Jaringan ( TKJ ) dalam Menyelesaikan Permasalahan Gelombang. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 13(2), 67–70.
Pratama, H. Y., Tobia, M. I., Saniyati, S. L., & Yuginanda, A. S. (2023). Integrasi Computational Thinking Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Pantun Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 4(1), 68–74. https://doi.org/10.30596/jppp.v4i1.14564
Rahmadhani, L. I. P., & Mariani, S. (2021). Kemampuan Komputasional Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika SMP Melalui Digital Project Based Learning Ditinjau Dari Self Efficacy. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 289–297.
Rahman, H., Nurjannah, N., & Syarifuddin, S. (2019). Aplikasi Expert System Berbasis Fuzzy logic untuk Mendiagnosa Gaya Belajar Dominan Mahasiswa Tadris Matematika IAIM Sinjai. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 3(2), 143. https://doi.org/10.31764/jtam.v3i2.1044
Rosadi, M. E., Wagino, W., Alamsyah, N., Rasyidan, M., & Kurniawan, M. Y. (2020). Sosialisasi Computational Thinking untuk Guru-Guru di SDN Teluk dalam 3 Banjarmasin. Jurnal SOLMA, 9(1), 45–54. https://doi.org/10.29405/solma.v9i1.3352
Siswanto, J. (2022). Implementasi Computational Thinking pada Pembelajaran Fisika. Unnes Physics Education Journal Potensi, 3(1), 1–14.
Sumartini, T. S. (2017). Analisis Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa Ptik Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. 5. http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/139
Yadav, A., Mayfield, C., Zhou, N., Hambrusch, S., & Korb, J. T. (2014). Computational thinking in elementary and secondary teacher education. ACM Transactions on Computing Education, 14(1). https://doi.org/10.1145/2576872
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.