PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS TINGGI DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.26618/sigma.v16i1.14348Kata Kunci:
Problematika, Pembelajaran Matematika, Sekolah DasarAbstrak
Sekolah Dasar merupakan pendidikan tingkat pertama yang diatur oleh pemerintah. Tujuan pendidikan dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. Salah satu mata pembelajaran yang diajarkan adalah matematika yang fungsinya tentu sangat banyak untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, namun peserta didik menganggap Pelajaran matematika sangat menyulitkan mereka. Penelitian ini menggunakan studi pustaka yang menerapkan strategi secara komperhensif, dengan melakukan penelusuran artikel pada database jurnal penelitian yang membahas terkait permasalahan dalam proses pembelajaran matematika. Hasil penelitian menjelaskan beberapa faktor yang mempengaruhi minat siswa pada mata pelajaran matematika. Strategi dan metode yang efektif sangat diperlukan guna mengatasi kesulitan pembelajaran matematika pada siswa.
Referensi
Al Husna, L., MZ, Z. A., & Rian Vebrianto. (2021). Studi Eksploratif Problematika Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Di Tanah Datar. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.31943/mathline.v6i1.159
Amaliya, I., & Fathurohman, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 5(1), 45–56. https://doi.org/https://doi.org/10.26618/jrpd.v5i1.7294
Amallia, N., & Unaenah, E. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa. Attadib Journal of Elemetary Education, 3(2), 123–133. https://jurnalfai-uikabogor.org/index.php/attadib/article/view/414
Ananda, E. R., & Wandini, R. R. (2022). Analisis Perspektif Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4173–4181. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2773
Ayu, S., Ardianti, S. D., & Wanabuliandari, S. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1611. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3824
Azizah, R. N., & Abadi, A. P. (2022). Kajian Pustaka: Resiliensi dalam Pembelajaran Matematika. Didactical Mathematics, 4(1), 104–110. https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2061
Chusna, F. A. (2016). Upaya Guru Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Pangenrejo. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi, 35, 5. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/view/5349
Firdaus, C. B. (2019). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Minat Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Matematika di MTs Ulul Albab. Journal on Education, 2(1), 191–198. https://doi.org/10.31004/joe.v2i1.298
Hadijah, H., Waluya, S. B., & Mastur, Z. (2021). Literatur Review: Kemampuan Representasi Matematis Melalui Pendekatan SPUR Pada Pembelajaran Matematika. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 59–68. https://doi.org/10.30872/primatika.v10i2.606
Maya Damayanti. (2022). Strategi Pembelajaran Mengatasi Kesulitan Anak Sekolah Dasar Dalam Mengerjakan Soal Cerita Matematika. Seminar Nasional Teknologi Dan Multidisiplin Ilmu (SEMNASTEKMU), 2(2), 279–290. https://doi.org/10.51903/semnastekmu.v2i1.180
Munirah, M. (2018). Peranan Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa. TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(02), 111–127. https://doi.org/10.26618/jtw.v3i02.1597
Nurhasanah, F., Sumarni, S., & Riyadi, M. (2022). Pengembangan E-Modul Materi Barisan Dan Deret Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Sigma: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 104–117. https://doi.org/10.26618/sigma.v14i2.9320
Nurulaeni, F., & Rahma, A. (2022). Analisis Problematika Pelaksanaan Merdeka Belajar Matematika. Jurnal Pacu Pendidikan Dasar, 2(1), 35–45. https://unu-ntb.e-journal.id/pacu/article/view/241
Permatasari, A. cahyani, Sari, J. A., Winanda, T., Saputra, R. I., Silvi, Annisa, P., & Fitriani, E. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Dalam Menyelesaikan Soal. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 421–423. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i1.845
Puspitasari, R., Matsum, J. H., & Khosmas, K. (2019). Diagnosis Kesulitan Belajar Dan Faktor Penyebabnya Pada Pelajaran Ekonomi Kelas Xi Mas Raudhatul Ulum. Jurnal Pendidikan Dan …, 1–9. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/33758
Rika Audina, D. F. D. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Kelas IV Sekolah Dasar Negeri. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 2(2014), 94–106. https://doi.org/10.51178/cjerss.v2i3.256
Sari, R. K. (2019). Analisis Problematika Pembelajaran Matematika Di Sekolah Menengah Pertama Dan Solusi Alternatifnya. Prismatika: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 2(1), 23–32. https://doi.org/10.33503/prismatika.v2i1.510
Sumanto, E. (2019). Bahan Ajar Filsafat. VANDA PRESS.
Suraiyo. (2013). Filsafat Ilmu Perkembagannya di Indonesia Suatu Pengantar. Bumi Aksara.
Susanti, R. D. (2018). Strategi Guru Kelas Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Akademik Siswa Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. KONSELING EDUKASI “Journal of Guidance and Counseling,” 2(1), 139–154. https://doi.org/10.21043/konseling.v2i2.4470
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.