PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BANGUN RUANG SISI DATAR BERBASIS WEBSITE DI SMP ISLAM KEPANJEN
DOI:
https://doi.org/10.26618/sigma.v16i1.14194Kata Kunci:
Media pembelajaran, Website, Bangun Ruang Sisi DatarAbstrak
Siswa ketika belajar tentang konsep volume dari materi bangun ruang mengalami kesulitan membayangkan bangun ruang tersebut. Pengembangan media pembelajaran yang lebih interaktif dengan berbasis teknologi web dapat memfasilitasi pembelajaran bangun ruang sisi datar lebih luas dan fleksibel. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran bangun ruang sisi datar berbasis website yang valid, praktis dan efektif, terhadap hasil belajar siswa. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE, yang terdiri dari lima tahap: analisis, desain, pengembangan, pelaksanaan, dan evaluasi. Subjek penelitian ini terdiri dari 20 siswa kelas VIII A SMP Islam Kepanjen. Pengumpulan data dengan menggunakan angket dan tes. Hasil validasi penelitian pengembangan ini mendapatkan penilaian dari ahli media 3,50, ahli materi 3,53 dan ahli pembelajaran 3,66 dengan kategori “valid “. Hasil validasi kepraktisan media pembelajaran pada lapangan terbatas dengan rata-rata 3,69 dan ujicoba lapangan luas rata-rata 3,69 termasuk dalam kategori “praktis”. Hasil media pembelajaran berdasarkan hasil penilaian angket uji coba lapangan terbatas berdasarkan keefektifan diperoleh rata-rata ketuntasan sebesar 80% dan ujicoba lapangan luas diperoleh 81 % termasuk dalam kategori “efektif ”.Referensi
Aristia, K., Nasryah, C. E., & Rahman, A. A. (2020). Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Celengan Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas IV SD. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 16–25. https://edunesia.org/index.php/edu/article/view/33
Arman, A., Fajriah, N., & Wiranda, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar SMP Kelas VIII Dengan Model Problem Based Learning. Computer Science and Education Journal, 1(1). https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/csej/article/view/3721
Awwalin, A. A. (2021). Analisis kesulitan siswa smp kelas viii pada materi bangun ruang sisi datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(1), 225–230. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/4074
Billa, R. F. S., & Siregar, T. M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google Sites Berbantuan Augmented Reality Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Humantech: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(2), 294–302. https://journal.ikopin.ac.id/index.php/humantech/article/view/2803
Chintia, M., Amelia, R., & Fitriani, N. (2021). Analisis kesulitan siswa pada materi bangun ruang sisi datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(3), 579–586. https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/7064
Fitriana, C. E., Murni, A., & Maimunah, M. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web Pada Materi Spldv Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4),3071–3083. https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/matematika/article/view/5668/pdf
Friansah, D., Adha, I., & Refianti, R. (2018). Pengembangkan Pocket Book Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 1(1), 1–11. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JUDIKA/article/view/243
Hartono, B. P., & Riyandiarto, B. B. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran PERMUTASI (Permainan Ular Tangga Berbasis Materi) Matematika SMP Kelas VIII. Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(1), 35–48. https://core.ac.uk/download/pdf/426737888.pdf
Hasmirati, H., Nursyamsi, S., Mustapa, M., Dermawan, H., & Hita, I. P. A. D. (2023). Motivation And Interest: Does It Have An Influence On Pjok Learning Outcomes In Elementary School Children? Journal On Research And Review Of Educational Innovation, 1(2), 70–78. https://www.journalstkippgrisitubondo.ac.id/index.php/JRREI/article/view/785
Hidayah, R., & Ningsih, S. C. (2021). Pengembangan Lkpd Dengan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Untuk Pembelajaran Online. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 441–453. https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/transformasi/article/view/1036
Husna, R., Roza, Y., & Maimunah, M. (2021). Identifikasi Kesulitan Guru Matematika Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(2), 428–436. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/article/view/3333
Khotimah, D. E. K., Riyadi, S., & Murniasih, T. R. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis website pada materi bangun ruang sisi datar di SMP. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 119–125. https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/math/article/view/63
Leuwol, F. S., Basiran, B., Solehuddin, M., Vanchapo, A. R., Sartipa, D., & Munisah, E. (2023). Efektivitas Metode Pembelajaran Berbasis Teknologi Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(3), 988–999. https://journalstkippgrisitubondo.ac.id/index.php/EDUSAINTEK/article/view/899
Muhasim, M. (2017). Pengaruh tehnologi digital terhadap motivasi belajar siswa. Palapa, 5(2), 53–77. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/palapa/article/view/46
Novianti, E. W., Arcana, I. N., & Taufiq, I. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis instagram pada pokok bahasan grafik fungsi untuk siswa SMA. Union: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 333–343. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/union/article/view/8820
Permatasari, G. I., & Andayani, S. (2021). TEACHERS’CHALLENGES IN TEACHING GEOMETRY USING AUGMENTED REALITY LEARNING MEDIA. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2159. https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/matematika/article/view/3889/pdf
Rhomdani, R. W. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Menggunakan Blogmath (Blogger & Mathjax). JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 145–155. https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jmpm/article/view/1011
Santi, I., Hutapea, N. M., & Murni, A. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X Jurusan Otomotif SMK pada Materi Matriks. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1584–1602. https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/1178
Septiara, D. P., & Saino, S. (2022). Pengembangan E-Modul berbasis Web pada Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan kelas XI BDP I di SMKN 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10689–10699. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/4123
Setyadi, D., & Qohar, A. (2017). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis web pada materi barisan dan deret. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1), 1–7. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/view/5964
Silmi, T. A., & Hamid, A. (2023). Urgensi Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi. Inspiratif Pendidikan, 12(1), 69–77. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Inspiratif-Pendidikan/article/view/37347
Wahyuni, Y., Edrizon, E., & Fauziah, F. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Matematika dengan Pemanfaatan Geogebra. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1120–1130. https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/1139
Wulandari, D., Arcana, I. N., & Kuncoro, K. S. (2022). Pengembangan Instagram reels pembelajaran pokok bahasan persamaan garis lurus untuk SMP. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(1), 1–14. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/union/article/view/12138
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.