PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN SAVI (SOMATIS, AUDITORY, VISUAL DAN INTELEKTUAL)
DOI:
https://doi.org/10.26618/sigma.v4i2.7228Keywords:
Kretaivitas Belajar, Pendekatan, SAVIAbstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( Classroom Action Research ) yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan SAVI (Somatis, Auditory, Visual dan Intelektual) pada siswa kelas XI IPA1 SMA Negeri 2 Polongbangkeng Utara. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA1 SMA Negeri 2 Polongbangkeng Utara pada semester ganjil 2011/2012, dengan jumlah siswa 36 orang. Siklus I dilaksanakan selama 4 kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan selama 5 kali pertemuan. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi untuk mengetahui tingkat kreativitas siswa selama pembelajaran berlangsung, angket kreativitas untuk mengetahui tingkat kreativitas siswa setelah pemberian tindakan, dan tes untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah pemberian tindakan. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) Terjadi peningkatan untuk semua indikator yang diamati yaitu fleksibilitas, originalitas, elaborasion dan fluency. (b) Skor rata-rata kreativitas siswa pada siklus I sebesar 51,55 dari skor ideal 123,18 dengan standar deviasi 7,878 dan pada siklus II diperoleh skor rata-rata sebesar 75,41 dari skor ideal 123,18 dengan standar deviasi 7,604. (c) Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 60,28 dari skor ideal yaitu 100 dengan standar deviasi 7,362 dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 73,75 dari skor ideal 100 dengan standar deviasi 7,780. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya pendekatan SAVI (Somatis, Auditory, Visual dan Intelektual) maka kreativitas belajar matematika siswa kelas XI IPA1 SMA Negeri 2 Polongbangkeng Utara dapat meningkat.References
Ayudiah, Fitri. 2007. Kesiapan Guru Negeri di Kabupaten Brebes Utara DalamMelaksanakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidiakn (Ktsp) Tahun Ajaran2007/2008. http://www.Digilib.Unnes.a.c.id/gsdi/colled/skripsi/index/assoc/hashoib8/9390bb4.dir/doc.pdf, diakses 7 september 2011)
Aunurrahman. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta
Hurlock, Elizabeth B. 1978. Perkembangan anak. Jakarta : penerbit Erlangga Muhammad, Irawati. 2007. Peningkatan kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan SAVI pada siswa kelas VII-B SMP YAPEND Bungaya Makassar. Skripsi. Jurusan matematika FMIPA UNM
Munandar, Utami. 1999. Pengembangan kreativitas anak berbakat. Jakarta : Rineka Cipta
Riyanto, Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran. Surabaya : Kencana
Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Bandung : PT Raja persada
Sanjaya, Wina. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Kencana
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta
Sudjana, Nana. 1989. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru
Sunardi, dkk. 2005. Matematika Kelas XI Program Studi Ilmu Alam SMA dan MA. Jakarta : Bumi Aksara
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.