MENINGKATKAN MINAT DAN PEMAHAMAN KONSEP TRIGONOMETRI MELALUI VIDEO DAN GAME INTERAKTIF (KAHOOT) DI KELAS X-4 SMAN MODEL TERPADU MADANI PALU
DOI:
https://doi.org/10.26618/sigma.v16i2.16712Keywords:
Minat Belajar Matematika, Penelitian Tindakan Kelas, TrigonometriAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan pemahaman konsep trigonometri pada siswa kelas X-4 SMAN Model Terpadu Madani Palu melalui penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing-masing mencakup tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Media pembelajaran berupa video dan platform interaktif Kahoot diintegrasikan ke dalam proses belajar mengajar untuk membuat pembelajaran lebih menarik dan interaktif. Data dikumpulkan melalui observasi, tes hasil belajar, serta angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada nilai rata-rata siswa, khususnya pada siklus kedua dibandingkan dengan siklus pertama. Selain itu, partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran meningkat secara substansial. Berdasarkan analisis angket, mayoritas siswa menyatakan bahwa penggunaan media pembelajaran ini membuat mereka lebih tertarik dan termotivasi dalam mempelajari trigonometri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kombinasi video dan Kahoot tidak hanya membantu siswa memahami konsep dengan lebih baik, tetapi juga menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif. Strategi ini dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika, khususnya pada materi trigonometri, dan mendorong partisipasi siswa secara aktif dalam proses pembelajaranReferences
Alawiyah, T. (2022). Penerapan Alat Peraga Tangan Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Materi Trigonometri di SMAN 5 Lhokseumawe. Ar-Riyadhiyyat: Journal of Mathematics Education, 2(2), 57–63. https://doi.org/10.47766/arriyadhiyyat.v2i2.149
Febriani, D., Pratomo, S., & Nuraeni, F. (2021). Pengembangan Instrumen Skala Sikap Minat Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Renjana Pendidikan: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 2(1), 670-681. http://proceedings2.upi.edu/index.php/semnaspgsdpwk/article/view/1932/1783
Gunawan, G., Purwoko, A. A., Ramdani, A., & Yustiqvar, M. (2021). Pembelajaran menggunakan learning management systemberbasis moodle pada masa pandemi covid-19. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1), 226-235. https://journal.publication-center.com/index.php/ijte/article/view/696
Monifah, P., & Rahmani, I. (2024). Penggunaan Game Edukatif Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Kerja Sama Siswa Kelas IV. 7(2), 1–13. Diperoleh dari https://sinta.kemdikbud.go.id/journals/profile/6184
Muchlis, E. E., & Maizora, S. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Trigonometri Melalui Pendekatan Konstruktivisme dengan Berbantukan Macromedia Flash 8 Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 1(1), 39–44. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v1i1.4960
Mukhsin, M. (2021). Meningkatkan Pemahaman Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Limit Fungsi Trigonometri Melalui Pendekatan Pembelajaran Discovery Learning Di Kelas Xii Ips 4 Sma Negeri 2 Kotabaru Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020. Cendekia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1), 113–125. https://doi.org/10.33659/cip.v9i1.193
Paizaluddin & Ermalinda. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta.
Pematasari, K. G. (2021). Problematika Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pedagogy, 14(2), 68–84. https://jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/96/88
Prasojo, T. (2016). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Dengan Metode Tutor Sebaya Pada Siswa Kelas X IPA 7 Materi Trigonometri SMA Negeri 1 Kudus. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(1), 91–98. https://doi.org/10.15294/kreano.v7i1.5049
Ramdani, A., Jufri, A. W., Jamaluddin, J., & Yustiqvar, M. (2023, April). Increasing student science literacy: Learning studies using Android-based media during the Covid-19 pandemic. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2619, No. 1). AIP Publishing. Doi: https://doi.org/10.1063/5.0122847
Rohmah, B. Nu., & Dra. Sumarsih, M. P. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukatif Fun Spreadsheet Quiz Berbasis Adobe Flash Cs6 Pada Mata Pelajaran Spreadsheet Kelas X Akuntansi Smk Negeri 4 Klaten Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi, 87(1,2), 149–200. Diperoleh dari https://journal.student.uny.ac.id/index.php/kpai/article/viewFile/9798/9452
Setiawan, Agung. (2019). Implementasi Media Game Edukasi Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Kelas X Ipa 7 Sma Negeri 15 Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Seminar Nasional Edusainstek FMIPA UNIMUS 2019, (2685–5852), 167–
Diperoleh dari http://prosiding.unimus.ac.id
Setiawan, D. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Media Pembelajaran Segitiga Bongkar Pasang dengan Strategi STAD. Journal of Classrom Action Research, 3(1), 7–14. d oi: https://doi.org/10.29303/jcar.v3i1.629
Sihombing, S., Silalahi, H. R., Sitinjak, J. R., & Tambunan, H. (2021). Analisis Minat Dan Motivasi Belajar, Pemahaman Konsep Dan Kreativitas Siswa Terhadap Hasil Belajar Selama Pembelajaran Dalam Jaringan. Jurnal Pendidikan Matematika : Judika Education, 4, 41–55. DOI: https://doi.org/10.31539/judika.v4i1.2061
Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis Penguasaan Konsep Siswa Yang Belajar Kimia Menggunakan Multimedia Interaktif Berbasis Green Chemistry Analysis. J. Pijar MIPA, 14(3), 247–255. doi: https://doi.org/10.29303/ jpm.v14i3.1299
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.