PENGARUH KECEMASAN MATEMATIS, MOTIVASI BERPRESTASI, DAN MINAT BELAJAR YANG DIMODERASI OLEH EFIKASI DIRI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.26618/sigma.v16i2.15364Keywords:
Kecemasan matematis, motivasi berprestasi, minat belajar, efikasi diri, pemahaman konsep matematika.Abstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara efikasi diri, kecemasan matematis, motivasi berprestasi, dan minat belajar, terhadap pemahaman konsep matematika. Penelitian 65 siswa kelas VII di SMP Negeri 12 Tanjungpinang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif asosiatif Pengambilan data menggunakan teknik pemberian soal tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh kecemasan matematis terhadap pemahaman konsep matematika; terdapat pengaruh motivasi berprestasi terhadap pemahaman konsep matematika; terdapat pengaruh minat belajar terhadap pemahaman konsep matematika; tidak terdapat pengaruh kecemasan matematis terhadap pemahaman konsep matematika melalui efikasi diri sebagai moderating; terdapat pengaruh motivasi berprestasi terhadap pemahaman konsep matematika melalui efikasi diri sebagai moderating; dan terdapat pengaruh minat belajar terhadap pemahaman konsep matematika melalui efikasi diri sebagai moderating.
References
Ahmad, S. R. S. (2016). Pengaruh math phobia, self-efficacy, adversity quotient dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 259–272. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i2.6138
Anggrayani, H.D.L., Anies Fuady, A. (2023). Pengaruh Resiliensi Matematis dan Motivasi Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik. Jurnal Penelitin, Pendidikan, Dan Pembelajaran, 18(30), 2.
Chrissanti, M. I., & Widjajanti, D. B. (2015). Keefektifan Pendekatan Metakognitif Ditinjau Dari Prestasi Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis, Dan Minat Belajar Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2477–1503), 51–62. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i1.7150
Fatqurhohman, F. (2016). Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Datar. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 4, 127–133. https://doi.org/10.25273/jipm.v4i2.847
Istiqa Yanti, D., & Fadiana, jizatin. (2022). Korelasi Antara Kecemasan Matematika Dan Kemampuan Berpikir Logis Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 47–56.
Latifah, A. (2018). Pengaruh Konsep Diri Dan Efikasi Diri Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa Kelas Iv Sd/Mi Se-Gugus V Kecamatan Wates, Kabupaten Kulonprogo Tahun Ajaran 2017/2018. In Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57345
Nila, K. (2008). Pemahaman konsep matematik dalam pembelajaran matematika. Prosiding SeminarNasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta, 229–235.
Nuraisyah, M., & Izzati, N. (2020). Self-Efficacy pada Hasil Belajar Peserta Didik Materi Bentuk Aljabar Madrasah Tsanawiyah Tanjungpinang. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 6(2), 100–108. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v6i2.5453
Qausarina, H. (2016). Pengaruh Kecemasan Matematika (Math Anxiaety) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 11 Banda Aceh. Fakultas tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri.
Radiusman, R. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak Pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8
Rahmawati, R. A. (2021). Pengaruh Motivasi Berprestasi Dan Efikasi Diri Terhadap Stres Akademik Pada Mahasiswa Yang Mengerjakan Skripsi Di Fakultas Psikologi Uin Malang. Universitas Islam Negeri.
Sandi, M. (2017). Hubungan Efikasi Diri Dengan Minat Belajar Siswa-Siswi. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(2477–2674), 208–214. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v5i2.4365
Sengkey, D. J., Deniyanti Sampoerno, P., & Aziz, T. A. (2023). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis: Sebuah Kajian Literatur. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(1), 67–75. https://doi.org/10.29303/griya.v3i1.265
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Alfabeta). Bandung. https://digilib.unigres.ac.id/index.php?p=show_detail&id=43
Supriyatin, T., & Masanggeni, R. C. (2022). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa Pada Materi Integral. Research and Development Journal of Education, 8(2657–1056), 801–807. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i2.14059
Syafri, F. S. (2017). Ada Apa Dengan Kecemasan Matematika? Journal of Medives, 1(2549–5070), 59–65. http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/matematika
Wahidin, & Sugiman. (2014). Pengaruh Pendekatan PMRI terhadap Motivasi Berprestasi , Kemampuan Pemecahan The Effect of the IRME Approach on the Achievement Motivation , Problem Solving Skills , and Learning Achievement. Pytaghoras, 9(1978–4538), 99–109.
Wahyudy, M. A., Putri, H. E., & Muqodas, I. (2019). Penerapan Pendekatan Concrete-Pictorial-Abstract (CPA) dalam Menurunkan Kecemasan Matematis Siswa Sekolah. Simposium Nasional Ilmiah & Call for Paper Unindra (Simponi)., 228–238. https://doi.org/10.30998/simponi.v0i0.428
Wibowo, A. (2017). Pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik dan saintifik terhadap prestasi belajar, kemampuan penalaran matematis dan minat belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2477–1503), 1–10. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.10066
Widyastuti, Wijaya, A. P., Rumite, W., & Marpaung, R. R. T. (2019). Minat Siswa Terhadap Matematika dan Hubungannya Dengan Metode Pembelajaran dan Efikasi Diri. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2549–1040), 83–100.
Yakub, N. A., Taibe, P., & Musawwir. (2023). Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Efikasi Diri Pada Pelajaran Matematika Ditinjau Dari Perbedaan Gender Pada Siswa Sma Di Kota Makassar. Braz Dent J., 3, 186–194. https://doi.org/10.56326/jpk.v3i1.1995
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.