PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA
DOI:
https://doi.org/10.26618/sigma.v16i2.15218Keywords:
Problem Based Learning, GeoGebra, Kemampuan Pemahaman Konsep MatematisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran PBL berbantuan Geogebra dalam menyelesaikan masalah, khususnya terkait dengan materi hubungan garis dan sudut. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Persis Lembang Kabupaten Bandung Barat tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi-eksperimental) dengan design penelitian adalah Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Sampel penelitian berjumlah 42 siswa yang terbagi dalam 2 kelompok yaitu kelompok kelas eksperimen dan kelompok kelas kontrol. Instrument penelitian yang digunkan adalah tes objektif berupa soal essay. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara pembelajaran model PBL berbantuan GeoGebra dengan pembelajaran langsung untuk meningkatakan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII MTs Persis 50 Lembang. Hal ini tampak dari hasil uji Mann Whitney dengan nilai sig.=0,000<0,05 yang menunjukan bahwa terdapat perbedaan secara siginifikan antara rata-rata n-gain kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran yang menerapan PBL berbatuan GeoGebra berdampak baik terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII MTs Persis Lembang.References
Effendi, K. N. S. (2017). Pemahaman Konsep Siswa Kelas Viii Pada Materi Kubus Dan Balok. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 2(4), 87–94. https://doi.org/10.23969/symmetry.v2i2.552
Fakhriyah, F. (2014). Penerapan problem based learning dalam upaya mengembangkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 95–101. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2906
Hake, R, R. (1999). Analyzing Change/ Gain Scores. AREA-d American Education Research Association’s Devision, Measurement and Research Methodology.
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard skills Aditama, dan soft skills matematik siswa. Refika Aditama. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1194756
Ismunandar, D., & Nurafifah, L. (2018). Efektifitas Penggunaan Buku Ajar Berbantuan Geogebra untuk Mencapai Ketuntasan Hasil Belajar Matematis. Dialektika, 5(2), 70–85.
Jurotun, J. (2017). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model PBL- STAD berbantuan Geogebra Materi Program Linier Kelas XI MIPA. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1), 35–46. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i1.5969
Kubiatko, M., & Haláková, Z. (2009). Slovak high school students’ attitudes to ICT using in biology lesson. Computers in Human Behavior, 25(3), 743–748. https://doi.org/10.1016/j.chb.2009.02.002
Kurniawati, I. (2020). Problem Based Learning Berbantuan GeoGebra. CV. Zenius Publisher.
Maryati, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Pola Bilangan di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 63–74. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.475
Priyono, S., & Hermanto, R. (2015). Peningkatan kemampuan representasi matematik peserta didik dengan menggunakan model problem based learning (PBL) berbantuan media software Geogebra. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 1(1), 55–64. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jp3m/article/view/Set11
Saefulloh, Y. A., Sunaryo, Y., & Zakiah, N. E. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Software Matlab. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 2(3), 95. https://doi.org/10.25157/j-kip.v2i3.6090
Shoimin, A. (2014). 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Ar Ruzz Media.
Sundayana, R. (2016). Statistika penelitian pendidikan (Alfabeta (ed.)). https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=990230
Susanto, A. (2016). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar (1st ed.). Kencana.
Tianingrum, R., & Sopiany, H. (2017). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. SESIOMADIKA. http://pmat-unsika.eu5.org/Prosiding/64RisnaTianingrum-SESIOMADIKA-2017.pdf
Wahyuni, S., & Rahmadhani, E. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dengan Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Geogebra. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(6), 605–614. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i6.605-614
Wibawa, T. P., Eliyarti, W., & Saputra, J. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berbantuan Geogebra. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 8(1), 109–118. https://doi.org/10.23969/symmetry.v8i1.8851
Zakiah, N. E., Sunaryo, Y., & Amam, A. (2019). Implementasi Pendekatan Kontekstual Pada Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berdasarkan Langkah-Langkah Polya. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 4(2), 111. https://doi.org/10.25157/teorema.v4i2.2706
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.