ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBERHASILAN MAHASISWA DI KELAS KALKULUS LANJUT MENURUT NEUROSAINS
DOI:
https://doi.org/10.26618/sigma.v17i1.17217Keywords:
kalkulus lanjut, neurosains, prestasi belajar, uji korelasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilan mahasiswa dalam mata kuliah Kalkulus Lanjut berdasarkan perspektif neurosains. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan teknik uji korelasi untuk mengevaluasi hubungan antara variabel-variabel, seperti pengalaman sebelumnya, memori kerja, pemecahan masalah, kecemasan matematika, dan dukungan sosial terhadap hasil akademik mahasiswa. Sampel terdiri dari 15 mahasiswa program studi Pendidikan Matematika yang mengikuti kelas Kalkulus Lanjut pada Tahun Ajaran 2024/2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman sebelumnya, memori kerja, dan pemecahan masalah memiliki hubungan positif signifikan terhadap nilai akademik. Sebaliknya, kecemasan matematika dan lingkungan belajar yang tidak mendukung memberikan dampak negatif signifikan. Penelitian ini memberikan wawasan untuk merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif dengan mempertimbangkan prinsip-prinsip neurosains, guna meningkatkan hasil belajar mahasiswa di mata kuliah Kalkulus Lanjut.
References
Amelia Zay, D., & Dwi Kurniasih, M. (2023). Exploring Math Anxiety Towards the Students’ Computer Self-Efficacy in Learning Mathematics. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1). http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa
Andayani, P. N. (2023). Neuroplastisitas: Kekuatan Otak untuk Berubah dan Beradaptasi. Litercacy Notes, 1(1), 1–9.
Apriandi, D., & Krisdiana, I. (2016). Analisis Kesulitan Mahasiswa Dalam Memahami Materi Integral Lipat Dua Pada Koordinat Polar Mata Kuliah Kalkulus Lanjut. In Jurnal Pendidikan Matematika (Vol. 7, Issue 2).
Ariani, D. N., & Supena, A. (2018). Neurosains Kognitif Dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar (Cognitive Neuroscience of Mathematics Education in Elementary. Theorems (The Original Research of Mathematic), 3(2), 59–70. http://jurnal.unma.ac.id/index.php/th
Ashcraft, M. H., Krause, J. A., & Ashcraft, M. H. (2007). Working memory, math performance, and math anxiety. In Psychonomic Bulletin & Review (Vol. 14, Issue 2).
Bandura, A. (1997). Self-Efficacy The Exercise of Control.
Crossman, A. R., & Neary, D. (2015). Neuroanatomi.
Deci, E. L., & Ryan, R. M. (1985). Intrinsic Motivation and Self-Determination in Human Behavior. Springer Science & Business Media.
Dwiyani, A. O., Sarniya, A., Saputri, O. E., Siregar, M., & Hasni, U. (2023). Pembelajaran Berbasis Neurosains dalam Pendidikan Anak Usia Dini (Vol. 4, Issue 1). http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/tadzkiyyah/article/view/1505
Gathercole, S. E. ., & Alloway, T. packiam. (2008). Working memory and learning : a practical guide for teachers. SAGE Pub.
Permata, I., Aprilia, M., & Asbari, M. (2024). Pengaruh Kecerdasan Intelektual dan Kecerdasan Emosional dalam Perspektif Neurosains di Dunia Pendidikan. JOURNAL OF INFORMATION SYSTEMS AND MANAGEMENT, 03(02). https://jisma.org
Posner, M. I., & Petersen, S. E. (1990). The Attention System of the Human Brain. Annu. Rev. Neurosc, 13, 25–42.
Rianto Takaendengan, B., Asriadi, & Wilson, T. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Kalkulus Lanjut. In SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied (Vol. 03, Issue 02).
Sulistyorini, Y., & Napfiah, S. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa dalam Memecahkan Masalah Kalkulus. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(2), 279. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i2.1947
Sweller, J. (1988). Cognitive Load During Problem Solving: Effects on Learning. In COGNITIVE SCIENCE (Vol. 12).
Tyas Reneng Ayomi, A., Widyorini, E., & Yang Roswita, M. (2021). Hubungan Inteligensi Dengan Fungsi Eksekutif Pada Anak Gifted Relationship Between Intelligence And Executive Function To Gifted Children. Jurnal Ilmiah Psikologi Candrajiwa, 6(2), 134–150. https://jurnal.uns.ac.id/candrajiwa
Yanti Silitonga, R. H., & Putri Ramadhani, W. (2019). Hubungan Antara Hasil Belajar Kalkulus Diferensial dan Integral dengan Prestasi Belajar Kalkulus Lanjut Mahasiswa. Pedagogy, 8(2), 101–113.
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.