SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI SELF EFFICACY SISWA
DOI:
https://doi.org/10.26618/sigma.v15i1.10948Keywords:
Self efficacy, kemampuan komunikasi matematis, efikasi diriAbstract
Kemampuan komunikasi matematis meupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa. Penelitian tentang kemampuan komunikasi matematis siswa di Indonesia menjelaskan terkait bagaimana kemampuan komunikasi matematis siswa meliputi pembahasan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi komunikasi matematis siswa, salah satu faktornya yaitu dari self efficacy. Penelitian ini mengkaji dengan Systematic Literature Review (SLR) mengenai hubungan antara komunikasi matematis dengan self efficacy siswa. Kriteria literatur yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa artikel jurnal atau prosiding konferensi terindeks Google Scholar dengan tahun publikasi maksimal 5 tahun terakhir (2019-2023). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi, meninjau dan menarik kesimpulan dari literatur terkait kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari self efficacy. Berdasarkan hasil analisis data literatur yang menjadi data penelitian, terdapat hubungan antara kemampuan komunikasi matematis dengan self efficacy siswa siswa pada mata pelajaran matematika. Melalui penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi mengenai hubungan antara kemampuan komunikasi matematis dengan self efficacy siswa serta peluang dalam melakukan penelitian mengenai self efficacy dan kemampuan komunikasi matematis.
References
Afifah, S. N., & Kusuma, A. B. (2021). Pentingnya Kemampuan Self-Efficacy Matematis serta Berpikir Kritis pada Pembelajaran Daring Matematika. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(2), 313-320. https://doi.org/10.37081/mathedu.v4i2.2642
Al Ghani, N. A., Pertiwi, C. M., & Fitriani, N. (2022). Kemampuan komunikasi siswa SMP kelas VIII ditinjau dari self-efficacy. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(4), 1189-1196.
Ariati, C., & Juandi, D. (2022). Kemampuan penalaran matematis: systematic literature review. LEMMA: Letters Of Mathematics Education, 8(2), 61-75.
Baroody, A. J., & Coslick, R. T. (1993). Problem solving, reasoning, and communicating, K-8: Helping children think mathematically. Merrill.
Berliana, D. P., & Sholihah, U. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Open-Ended Ditinjau dari Self-Efficacy. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 243-254. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1791
Dewi, M. W. K., & Nuraeni, R. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP ditinjau dari Self-Efficacy pada Materi Perbandingan di Desa Karangpawitan. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 151-164. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1586
Hendriana, H., & Kadarisma, G. (2019). Self-efficacy dan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 153-164. http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.2033
Kurnia Putri, D., Sulianto, J., & Azizah, M. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah. International Journal of Elementary Education. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19497
Liawati, R., & Wijayanti, P. (2020). Profil Komunikasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau dari Self Efficacy. MATHEdunesa, 9(2), 382-391. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v9n2.p382-391
Linda, L., & Afriansyah, E. A. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Berdasarkan Self-efficacy pada Materi Segiempat dan Segitiga di Desa Sirnajaya. Journal of Mathematics Science and Computer Education, 2(1), 20-43. https://doi.org/10.20527/jmscedu.v2i1.5127
Niasih, N., Romlah, S., & Zhanty, L.S. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP di Kota Cimahi Pada Materi Statistika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.31004/CENDEKIA.V3I2.107
Nurazizah, S., & Nurjaman, A. (2018). Analisis Hubungan Self Efficacy Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Pada Materi Lingkaran. https://doi.org/10.22460/JPMI.V1I3.P361-370
Olivia, R., Arjudin, A., Wahidaturrahmi, W., & Subarinah, S. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Cerita SPLTV Ditinjau Dari Self Efficacy. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 1753-1761. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3c.847
Rapsanjani, D. M., & Sritresna, T. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Self-Efficacy Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 481-492.
Saidah, A., Abidin, Z., & Faradiba, S. S. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Self-Efficacy Peserta Didik pada Materi Pola Bilangan Kelas VIII SMP Negeri 1 Dau. Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran, 16(11).
Wulandari, N. D., Sukoriyanto, S., & Parta, I. N. (2023). Kemampuan Komunikasi Matematis Tulis Siswa Pada Materi Lingkaran Ditinjau Dari Self Efficacy Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 269-277. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1950
Zahrowiyah, S., Faradiba, S. S., & Alifiani, A. (2022). Kemampuan Komunıkasi Matematıs Tulis Pada Materi Bentuk Aljabar Ditinjau dari Self-Effıcacy Peserta Didik. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1995-2010. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1433
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.