MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL MELALUI SELF REGULATED LEARNING DALAM MEMBENTUK KARAKTER BANGSA YANG KUAT

Penulis

  • Awaluddin Awaluddin Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris Universitas Muhammadiyah Makassar
  • St. Amaliah Muthmainnah Pendidikan Sosiologi Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Muh. Ridwan Ali Akuntansi Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.26618/jp.v1i1.8

Abstrak

Indonesia sebagai sebuah bangsa yang selalu mengedepankan nilai-nilai etika dan estetika serta moral yang berbudi luhur di dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara sudah sangat tergerus oleh kemajuan-kemajuan zaman saat ini, salah satu alasannya karena mereka tidak memilki kecerdasan emosi ketika pengarunh tertinggi dalam kehidupan yaitu 80 persen berasal dari kecerdasan emosi dan 20 berasal dari kecerdasan intelektual. Tapi sekarang lebih menekankan kesebagian besar intelektual bukan emosional sehingga begitu banyak penyimpangan yang terjadi, dengan demikian peningkatan kecerdasan emosional harus diterapkan melalui metode Self Regulated Learning untuk menciptakan motivasi pribadi yang penuh, kepribadian, peduli lingkungan dan mampu menyesuaikan diri dengan lingkungannya sehingga membentuk karakter yang kuat dan akan menjadi pengaruh yang kuat pada bangsa.

Kata Kunci: Kecerdasan Emosi, Self Regulated Learning, Karakter Bangsa.

Referensi

Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Keempat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Gardner, H. (1983/2003). Frames of mind. The theory of multiple intelligences. New York: BasicBooks.

Goleman, D. 1995. Emotional Intelligence: Why it can matter more than IQ?, New York: Bantam Books.

Goleman, D. 2002. Kecerdasan Emosional: Mengapa EI lebih penting daripada IQ, Jakarta: Gramedia.

Koentjaraningrat. 1974. Kebudayaan, Mentalitas dan Pembangunan. Jakarta: Gramedia.

Kompas Juni 2011

Lubis, Mochtar. 1991. Manusia Indonesia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Mayer, J.D. & Cobb, C.D, 2000. “Educational Policy on Emotional Intelligence: Does It Make Sense. Educational Review. 12 (2):163-183.

Mayer, J.D. Salovey, P. dan Caruso, D. 2000. “Models of Intelligence” in R. Stenberg (eds). Handbook of Intelligence (pp.396-420). Cambridge, UK: Cambridge University Press.

Saptono, M.Pd. 2011.DimensiDimensi Pendidikan Karakter. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Quraisy, Hidayah dkk. 2008. Teori Belajar dan Metode Pembelajaran. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Zimmerman, B.J. 1990. Self-regulated learning and academic achievement: An overview. Educational Psychologist. (25): 3-

Diterbitkan

2016-11-01

Terbitan

Bagian

Artikel