PENGARUH PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH PERUMNAS KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

Penulis

  • Yunita Yunita Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.26618/jp.v4i2.1611

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Whole Language berbasis lingkungan terhadap keterampilan menulis siswa di kelas V SD Muhammadiyah Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah pre-experimental design. Penelitian ini menyelidiki pengaruh variabel bebas (whole language berbasis lingkungan) terhadap variabel terikat (keterampilan menulis). Populasi dalam penelitian ini adalah  seluruh siswa/siswi kelas V SD Muhammadiyah Perumnas sedangkan sampel yang dipilih adalah seluruh siswa/siswi kelas V SD Muhammadiyah Perumnas sebanyak 20 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat  pengaruh signifikan antara hasil keterampilan menulis siswa yang diajar dengan cara konvensional dengan pendekatan whole language berbasis lingkungan,  hal ini dapat dilihat dari hasil analisis statistik deskriptif dan peningkatan hasil keterampilan setelah diberi perlakuan. Berdasarkan uji hipotesis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan whole language berbasis lingkungan memiliki pengaruh  terhadap keterampilan menulis siswa kelas V SD Muhammadiyah Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar setelah  diperoleh t Hitung = 6,63 dan t Tabel = 2,093 maka diperoleh t Hitung  > t Tabel atau 6,63 > 2,093.

 

Kata Kunci : Keterampilan Menulis, Pendekatan Whole Langage Berbasis Lingkungan

Referensi

BSNP. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Estafasari, B. R. (2011). Implementasi Pendekatan Whole Language dengan menulis terbimbing untuk meningkatkan keterampilan mengarang deskripsi siswa kelas V SDN 05 Tambakaji Kota Semarang. (Disertasi, Universitas Negeri Semarang). Diakses dari http://lib.unnes.ac.id.

Rukayah. dkk. (2014). Keefektifan Pembelajaran Menulis dengan Pendekatan Whole Language di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 23 (2): 132 – 138. Diakses dari http://journal.um.ac.id.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Antari, suci, dkk. (2015). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Whole Language Berbantuan Multimedia Interaktif terhadap Hasil Belajar BI Siswa Kelas III SD Gugus DR. Soetomo. MIMBAR PGSD Undiksha, 1 (1). Diakses dari http://ejournal.undiksha.ac.id.

Diterbitkan

2018-12-03

Terbitan

Bagian

Artikel