PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AURORA 3D PRESENTATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS VII SMP NEGERI 1 BONTOMARANNU KABUPATEN GOWA
DOI:
https://doi.org/10.26618/jkm.v11i3.9407Kata Kunci:
Kata kunci, Media pembelajaran Aurora 3D Presentation, pengaruhAbstrak
Masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah ada pengaruh penggunaan media pembelajaran Aurora 3D Presentation terhadap hasil belajar pada siswa Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam?” penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Aurora 3D Presentation terhadap hasil belajar IPA ilmu pengetahuan alam kelas VII SMP Negeri 1 Bontomarannu Kabupaten Gowa. Analisis data yang digunakan yakni analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan sampel yaitu kelas VII A sebanyak 30 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Jenis penelitian ini menggunakan eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes dan dokumentasi.. Hasil penelitian menunjukan bahwa: hasil belajar siswa menunjukkan rata- rata hasil pretest 52,87 dan rata-rata hasil posttest 84,47. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media Aurora 3D Presentation mempunyai pengaruh pada hasil belajar siswa kelas VII A pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam SMP Negeri 1 Bontomarannu Kabupaten Gowa.Referensi
Alwi, Hasan, dkk. 2005. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Balai Pustaka.
Arizaldy, R., & Alfadil, M. T. (2021). The Influence Of The Application Of Power Point Learning Media On Ict Learning Outcomes. Jurnal Galeri Pendidikan, 1(01).
Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.
Ayu, S., & Rosli, M. S. B. (2020). Uji Reliabilitas Instrumen Penggunaan SPADA (Sistem Pembelajaran dalam Jaringan). Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 6(1), 145-155.
Babadu, Zain. 2001. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan
Djumhanam, N. 2009. Pembelajaran Ipa. Jakarta: Ikhlas Beramal. Hadi, Sutrisno. 2015. Statistika. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Efektivitas Pembelajaran Tematik Tematik di Sekolah Dasar, (Online), Vol.6, No.2. (https://www.ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/, diakses 29 januari 2020).
Hugiono. Poerwantana. 2000. Pengantar Ilmu Sejarah. Jakarta: PT Bina Aksara.
Jakarta: Rineka Cipta.
Karwono. Heni, Mularsih. 2017. Belajar dan Pembelajaran serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Depok: PT Raja Grafindo Persada
Louis, Gottschalk. 2000. Mengerti Sejarah. Depok: Universitas Indonesia.
Marfu’ah, 17 oktober 2017. Media pembelajaran 3d dengan aurora 3d presentation,(online).(http://wongblawongtp.blogspot.com)
Puspita, F. R. (2019) Penerapan Media Pembelajaran Aurora 3D Presentation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Sub Kompetensi penataan hairpiece di SMKN 6 Surabaya. (Online) (https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/ di akses 3 september 2020).
Rakhmawati. 2013. 3D Aurora Presentation 2012 Sebagai Media Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran Bahasa Arab Di MTs Negeri Bobotsari. Yogyakarta: Pendidikan Bahasa Arab. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Kalijaga.
Ramly, R. A., & Ilham, I. (2022). Penggunaan Quipper School Terhadap Hasil Belajar Siswa Smp Negeri 2 Campalagian Polewali Mandar. Jurnal Kependidikan Media, 11(2), 65-74.
Riyanto, dkk .2019. Penerapan media Aurora 3D untuk meningkatkan hasil belajar kognitif mahasiswa biologi IKIP Budi Utomo Malang . (Online) (http://ejurnal.budiutomomalang.ac.id/diakses 3 september 2020)
Rustaman, N. 2011. Materi Dan Pembelajaran IPA. Jakarta.
Sanjaya, Wina. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Sari, 2012, Pengaruh Media Pembelajaran Aurora 3D Presentation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas x Apk Pada pelajaran Kearsipan di Smk Negeri Mojoagung
Sari, Samawi. 2014. Pengaruh Penggunaan Media animasi Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Slow Learner.
Sudijono, Anas. 2011. Evaluasi Pendidikan. Jakarta; Raja Grafindo Persada
Sudiratna, 2018. Media Pembelajaran Perakitan Komputer Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Untuk Peserta Didik Kelas X Multimedia SMK Negeri 1 Godean. (skripsi). Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung: Alfabeta. Sumarsono, Sianturi. 2019. Peluang Media Interaktif dalam Menunjang
Suryani, Setiawan, dkk. 2018. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembanganya. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Syafriani, Susilawati, dkk. Penerapan Media Pembelajaran Hidrokarbon Berbasis Aurora 3D Presentation Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik di Kelas X1 Mipa Sma 1 kampar
Triwiyanto, 2015. Pengantar Pendidikan, Jakarta: PT Bumi Aksara
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licence:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.