PENERAPAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VII PADA SMP NEGERI 2 PANGKAJENE TENTANG ENERGI
DOI:
https://doi.org/10.26618/jkm.v11i2.8985Kata Kunci:
Metode Inkuiri, Pemahaman Siswa, EnergiAbstrak
Karya tulis ini membahas tentang upaya nyata dan inovasi dari penulis dalam pembelajaran IPA denganmenerapkan metode inkuiri.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi metode inkuiri dalam meningkatkan prestasi belajar dan sikap positif siswa Kelas VII pada SMP Negeri 2 Pangkajene dalam pembelajaran IPA.
Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Pangkajene pada siswa Kelas VII semester 1 tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus pertama terdiri dari dua tindakan dan siklus kedua juga terdiri dari dua tindakan. Prosedur yang dilaksanakan pada setiap siklusterdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Untuk mendapatkan data digunakan lembar observasi dan hasil tes pada setiap siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan pemahaman siswa Kelas VII pada SMP Negeri 2 Pangkajene dalam materi Energi, dan juga meningkatkan sikap positif siswa dalam proses pembelajaran.Referensi
Amatembun, NA. 1989, Manajemen Kelas, Penuntun Bagi Guru dan Calon Guru, Bandung : FIP IKIP Bandung.
Arikunto, Suharsimi. 1982, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta : Rieneka Cipta.
Arizaldy, R., & Alfadil, M. T. (2021). THE INFLUENCE OF THE APPLICATION OF POWER POINT LEARNING MEDIA ON ICT LEARNING OUTCOMES. Jurnal Galeri Pendidikan, 1(01).
Djamarah. 2006. Efektivitas Media Pembelajaran. Jakarta: Rosdakarya. Hidayat, Agus. 2007. Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Angkasa.
Ramly, R. A. (2021). Penerapan Komunitas Belajar Melalui Aplikasi WhatsApp sebagai upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Sejarah. Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 7(2), 147-159.
Ramly, R. A., & Ilham, I. (2022). PENGGUNAAN QUIPPER SCHOOL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 2 CAMPALAGIAN POLEWALI MANDAR. Jurnal Kependidikan Media, 11(2), 65-74.
Panjaitan, Theodora. 2005. Pemilihan Metode dalam Pembelajaran.
Surakarta: Tiga Serangkai.
Permana, Johar, dkk. 2000. Metode Inkuiri. Yogyakarta: UGM Permen Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi, BSNP
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licence:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.