PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MTs MUHAMMADIYAH KALOSI KAB.ENREKANG
DOI:
https://doi.org/10.26618/jkm.v11i1.8001Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di MTs Muhammadiyah Kalosi Kabupaten Enrekang. Metode yang digunakan metode eksperimen dengan bentuk quasi experimental (eksperimen semu). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh model Contextual Teaching and Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dilihat dari hasil rata-rata atau mean pretest dan posttes yaitu pretest 63.84% sedangkan posttest 81.12%, hal tersebut diperoleh dari = 1,348 dengan 1,299 dan taraf signifikansi α = 0,05. Melalui uji hipotesis yakni1,348 > 1,299 sehingga hipotesis alternative diterima yaitu terdapat pengaruh siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan siswa yang tidak menggunakan model tersebut. Dengan demikian terdapat perbedaan hasil belajar posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen yang signifikan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diatas, dapat disimpulkan Hasil Belajar IPA siswa kelas VII MTs Muhammadiyah Kalosi terdapat pengaruh dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and LearningReferensi
Arikunto, S. 2003. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
B.Johnson, Elaine. 2014. Contextual Teaching & Learning Bandung: Penerbit Kaifa
Harlen, 2006. Karakteristik Utama IPA (eprints.uny.ac.id/9741/5/BAB2-08108244136.pdf.)
Harre, Rom. 2008. Pengantar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) (eprints.uny.ac.id/9741/5/BAB2-08108244136.pdf.)
Hasbullah, 2008, Dasar-dasar ilmu pendidikan, Jakarta: Gema insani Press.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2001. Jakarta. Balai Pustaka.
Mulbar, Usman. 2008. Pembelajaran Realistis yang Melibatkan Metakognisi Siswa di Sekolah Menengah Pertama Surabaya: Perpustakan Pascasarjana UNESA, Disertasi. Dikutip tanggal 19 April 2020.
Mulyasa. E. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi; konsep, Karakteristik dan Implementasi Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Nunik Wahyunita Sari. 2015. “pengaruh hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning. Dikutip tanggal 4 April 2020
Rubiyanto. 2004. Buku Pendidikan Lengkap. Jakarta: Rineka Cipta.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran. Bandung: Kencana Prenada Media Group
Sudjana, Nana. 2019. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Sinar Baru Algensindo
Sugiyono. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Penelitian Kuantitatif, Kualiatatif dan R+D Bandung: Alfabeta.
Sulima. 2014. Pengaruh model pembelajaran CTL (contextual teaching and learning) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa smkn 1 sidoarjo. Skripsi diterbitkan. Universitas Muhammadiyah sidoarjo. Dikutip 4 April 2020.
Suprijono. 2012. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Syah Muhibbin. 2006. Psikologi Belajar, Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada.
Syaodih Sukmadinata. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licence:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.