PENGARUH E-LEARNING BERBASIS EDMODO TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MTs YAPNI BONTO TAPPALANG KABUPATEN BANTAENG
DOI:
https://doi.org/10.26618/jkm.v11i1.7998Abstrak
Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah pengaruh penggunaan media pembelajaran e-learning berbasis edmodo terhadap kemandirian belajar siswa kelas VII MTs Yapni Bonto Tappalang kabupaten Bantaeng. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh medi e-learning berbasis edmodo terhadap kemandirian belajar siswa kelas VII MTs Yapni Bonto Tappalang kabupaten Bantaeng. Jenis penelitian ini adalah pra eksperimen dengan menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest design. Dengan pemilihan sampel penelitian cluster random sampling. Populasi penelitian ini kelas VII dan VIII MTs Yapni Bonto Tappalang dan kelas VII sebagai sampel atau kelas eksperimen. Perhitungan data menggunakan analisis statistik inferensial dengan bantuan IBM SPSS 26. Berdasarkan hasil peneltiian diperoleh bahwa kelas eksperimen sebelum menggunakan media e-learning berbasis edmodo berubah setelah menggunakan media e-learning edmodo. Dengan nilai rata-rata pretest 56,57 dan posttest 75,11. Berdasarkan penjelasan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan media e-learning berbasis edmodo dapat berpengaruh pada kemandirian belajar siswa.
Referensi
Budi, Kartika. 2001. Berbagai Strategi untuk Melibatkan Siswa Secara Aktif dalam Proses Pembelajaran Fisika di SMU, Efektivitasnya dan Sikap Mereka pada Strategi tersebut. USD : Widya Dharma edisi April 2001.
Darmawan, Deni. 2014. Pengembangan E-learning: Teori dan Desain. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Indrakusuma, dkk. 2016. E-Learning: Teori dan Desain. Bahan Ajar.
Indrawan, Irjus. Wijoyo, Hadion. dkk. 2020. Media Pembelajaran Berbasis Multimedia. Jawa Tengah: CV. Pena Persada.
Karwono. Mularsih, Heni. 2018. Belajar dan Pembelajaran Serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.
Kuranto. 2018. Pembelajaran Asyik Menggunakan Edmodo. Bahan Ajar.
Munir. 2009. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung : Alfabeta.
Pranoto. dkk. 2009. Sains dan Teknologi : Berbagai Ide Untuk Menjawab Kebutuhan dan Tantangan. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Ratumanan. Rosmiati, Imas. 2019. Perencanaan Pembelajaran. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.
Rusman. 2013. Model-Model Pembelajran: Mengembang kan Profesionalime Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Surjono, Dwi, Herman. 2017. Multimedia Pembelajaran Interaktif: Konsep dan Pengembangannya. Yogyakarta: UNY Press.
Sumardiono. 2013. Pembelajar Mandiri: Self Directed Learning. E-book: Rumah Inspirasi dan Bentang Ilmu.
Suryani, Nunuk. dkk. 2018. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licence:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.