UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS IX PADA SMP NEGERI 1 SUPPA TENTANG EKONOMI KREATIF MELALUI IMPLIKASI METODE INKUIRI
DOI:
https://doi.org/10.26618/jkm.v10i3.7990Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi metode inkuiri dalam meningkatkan prestasi belajar dan sikap positif siswa kelas IX pada SMP Negeri 1 Suppa dalam pembelajaran IPS. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Suppa pada siswa kelas IX semester 2 tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus pertama terdiri dari dua tindakan dan siklus kedua juga terdiri dari dua tindakan. Prosedur yang dilaksanakan pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Untuk mendapatkan data digunakan lembar observasi dan hasil tes pada setiap siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas IX pada SMP Negeri 1 Suppa dalam materi Ekonomi Kreatif, dan juga meningkatkan sikap positif siswa dalam proses pembelajaran.
Referensi
Amatembun, NA. 1989, Manajemen Kelas, Penuntun Bagi Guru dan Calon Guru, Bandung : FIP IKIP Bandung.
Arikunto, Suharsimi. 1982, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta : Rieneka Cipta
Danim, Sudarwan. 1975, Media Komunikasi Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara.
Djamarah. 2006. Efektivitas Media Pembelajaran. Jakarta: Rosdakarya.
Hidayat, Agus. 2007. Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Angkasa.
Kolamalasari, Kokom. 2008. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Refika Aditama.
Panjaitan, Theodora. 2005. Pemilihan Metode dalam Pembelajaran. Surakarta: Tiga Serangkai.
Permana, Johar, dkk. 2000. Metode Inkuiri. Yogyakarta: UGM
Petrus, Abel. 2006. Pranata-ekonomi kreatif. Makassar: Makassar Press.
Reptih, Minarni. 2005. Komposisi Penduduk. Bandung: Angkasa.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licence:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.