EFEKTIVITAS LABORATORIUM KOMPUTER DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI KABUPATEN TANA TORAJA
DOI:
https://doi.org/10.26618/jkm.v5i3.2637Abstrak
ABSTRAK : Masalah dalam penelitian ini yaitu apakah penggunaan laboratorium komputer efektif dalam peningkatan kompetensi siswa pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Madrasah Aliyah Negeri Kab. Tana Toraja? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kompetensi terhadap mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Laboratorium Komputer Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Tana Toraja.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, yaitu penelitan untuk meneliti populasi 163 dan sampel 21, Analisis data bersifat analisis statistik deskriptif dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa lebih berkompeten ketika melaksanakan pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dilaboratorium komputer dibanding melaksanakan pembelajaran di kelas. Berdasarkan angket yang disebarkan bahwa 21 responden lebih memilih jawaban sering dengan jawaban sering berjumlah 317 jawaban.
Saran diharapkan kepada sekolah agar setiap komputer yang rusak di laboratorium komputer diganti secepatnya agar siswa bisa belajar dengan baik, serta agar guru-guru bisabekerja sama kepada kepala sekolah agar bisa mengaktifkan internet di laboratorium komputer supaya siswa biasa belajar dengan baik.
Kata Kunci: Laboratorium Komputer, Kompetensi Siswa
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licence:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.