HUBUNGAN KONSEP KEPEMIMPINAN DENGAN PERILAKU SISWA DALAM PENDIDIKAN BERBASIS KARAKTER DI MIN NGALI BELO KABUPATEN BIMA
DOI:
https://doi.org/10.26618/jkm.v5i1.2616Abstrak
ABSTRAK : Penelitian ini adalah penelitian kaulitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang menghasilkan prosedur analisis yang tidak menggunakan prosedur analisis statistik atau arah kuantifikasi lainnya. Sumber data diperoleh dari data observasi dan data wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus koefisien korelasi product moment.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Terdapat hubungan yang signifikan antara penerapan konsep kepemimpinan dengan perilaku siswa di MIN Ngali Belo Kabupaten Bima. Karena dengan diterapkannya konsep kepemimpinan di MIN Ngali Belo Kabupaten Bima telah membentuk perilaku siswa menjadi lebih baik terutama memiliki jiwa kepemimpinan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Perilaku siswa di MIN Ngali Belo Kabupaten Bima setelah diterapkannya konsep kepemimpinan kepala sekolah telah banyak mengalami perubahan diantaranya siswa terhindar dari perilaku-perilaku yang menyimpang atau perilaku negative, (2) Terdapat hubungan yang signifikan antara konsep kepemimpinan dengan perilaku siswa dalam pendidikan yang berbasis karakter hal ini membuktikan bahwa Sikap anak-anak sangat tenang dan fokus saat menerima pelajaran atau penjelasan dari guru di samping itu juga guru selalu memberi motivasi atau dorongan kepada siswa agar siswa giat dan aktif baik di lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sosial. konsep kepemimpinan sangat berarti untuk meningkatkan perilaku siswa yang baik atau siswa yang berkarakter.
Kata kunci :Konsep Kepemimpinan, Perilaku Siswa
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licence:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.