Pemahaman Peserta Didik terhadap Puisi Rakyat melalui Pendekatan Etnopedagogik
DOI:
https://doi.org/10.26618/jkm.v13i2.17918Kata Kunci:
pemahaman peserta didik, puisi rakyat, pendekatan etnopedagogik, literasi sastraAbstrak
Pemahaman peserta didik terhadap puisi rakyat menjadi aspek penting dalam pembelajaran sastra, terutama dalam upaya pelestarian budaya dan penguatan nilai-nilai lokal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pendekatan etnopedagogik dalam meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap puisi rakyat. Pendekatan etnopedagogik menekankan pada integrasi nilai-nilai budaya lokal dalam proses pembelajaran, sehingga peserta didik tidak hanya memahami struktur dan makna puisi rakyat tetapi juga menghayati nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen dari pembelajaran yang menerapkan pendekatan etnopedagogik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan ini mampu meningkatkan keterlibatan aktif peserta didik dalam memahami puisi rakyat, memperkuat hubungan mereka dengan budaya lokal, serta meningkatkan kemampuan interpretasi terhadap nilai-nilai kearifan yang terkandung dalam puisi rakyat. Temuan ini mengindikasikan bahwa penerapan pendekatan etnopedagogik dalam pembelajaran sastra dapat menjadi strategi yang efektif dalam membangun kesadaran budaya dan literasi sastra peserta didik.
Referensi
Abdullah, I. (2017). Konstruksi dan Reproduksi Kebudayaan. Pustaka Pelajar.
Creswell, J. W. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). SAGE Publications.
Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (2018). The SAGE Handbook of Qualitative Research (5th ed.). SAGE Publications.
Haryati, S. (2020). "Etnopedagogik dalam Pembelajaran Sastra di Sekolah Menengah Atas." Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 12(1), 45–58.
Hidayat, R. (2022). "Pengaruh Etnopedagogik terhadap Pemahaman Sastra Lisan di Kalangan Siswa." Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Yogyakarta, 45–52.
Krippendorff, K. (2019). Content Analysis: An Introduction to Its Methodology (4th ed.). SAGE Publications.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2019). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (4th ed.). SAGE Publications.
Nurgiyantoro, B. (2019). Teori Pengkajian Fiksi. Gadjah Mada University Press.
Spradley, J. P. (2016). The Ethnographic Interview. Waveland Press.
Suryadi, Y. (2021). "Implementasi Pendekatan Etnopedagogik dalam Pembelajaran Sastra untuk Meningkatkan Literasi Budaya." Jurnal Pendidikan dan Budaya, 15(2), 123–140.
Susanto, A. (2021). "Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Budaya dalam Meningkatkan Apresiasi Sastra." Jurnal Pendidikan Sastra Indonesia, 10(3), 78–92.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2023). "Puisi Rakyat dalam Konteks Pendidikan Karakter." Diakses dari https://badanbahasa.kemdikbud.go.id
Kemdikbud RI. (2022). Kurikulum Merdeka: Konsep dan Implementasi dalam Pembelajaran Sastra. Diakses dari https://www.kemdikbud.go.id
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licence:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.