Systematic Literature Review: Efektivitas Media Pembelajaran Google Sites Untuk 35 Memudahkan Pembelajaran Biologi di SMA
DOI:
https://doi.org/10.26618/jkm.v13i2.17163Kata Kunci:
Biologi, Google Sites, Media PembelajaranAbstrak
Saat ini perkembangan teknologi semakin cepat dan pesat sehingga mempengaruhi berbagai aspek, salah satunya yaitu bidang pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi
efektivitas penggunaan media pembelajaran google sites dalam memudahkan pembelajaran biologi di SMA. Google sites menawarkan berbagai fitur yang mendukung dalam proses pembelajaran, salah satunya memudahkan akses materi biologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan studi pustaka atau System literature Review (SLR). Tujuannya yaitu untuk mengidentifikasi dan menganalisis studi yang relevan mengenai penggunaan google sites serta membandingkan teori yang ada dengan teori sebelumnya pada literatur penelitian. Pencarian literatur digunakan dari hasil penelitian atau kajian untuk memastikan kualitas dan relevansi. hasil tinjauan menunjukan bahwa penggunaan google sites sebagai media pembelajaran memberikan dampak positif terhadap pemahaman konsep serta efektivitas pengajaran. google sites dapat menjadi alternatif yang efektif untuk memudahkan pembelajaran biologi di SMA.
Referensi
Alifah, H. N., Virgianti, U., Sarin, M. I. Z., Hasan, D. A., Fakhriyah, F., & Ismaya, E. A. (2023). Systematic literature review: Pengaruh media pembelajaran digital pada pembelajaran tematik terhadap hasil belajar siswa SD. Jurnal Ilmiah Dan Karya Mahasiswa, 1(3), 103-
Angela, H., & Subekti, F. E. (2022). Systematic Literature Review: Efektivitas Media Pembelajaran
untuk Mendorong Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan
Matematika Raflesia, 7(3), 13-25.
Bransford, J. D., Brown, A. L., & Cocking, R. R. (Eds.). (2000). How people learn: Brain, mind,
experience, and school (Expanded ed.). National Academy Press
Ningsih, P., & Bukit, N. (2022). Pengaruh penggunaan media pembelajaran google sites
terhadap hasil belajar siswa sma pada materi hukum newton. Jurnal Pendidikan Fisika,
(2), 97.
Rahmatullah, N., & Arsih, F. (2024). Meta Analisis: Pengembangan Media Pembelajaran
Interaktif Berbasis Google Sites Pada Materi Sistem Sirkulasi Untuk Siswa Fase F.
Biochephy. Journal of Science Education, 4(1), 194-200.
Tasyari, S., Putri, F. N. A., Aurora, A. A., Nabilah, S., Syahrani, Y., & Suryanda, A. (2021).
Identifikasi media pembelajaran pada materi biologi dalam meningkatkan pemahaman konsep peserta didik di masa pandemi covid-19. BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(1), 1-8.
Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Putra, G. W., & Iswara, B. (2019). Metode systematic literature review untuk identifikasi platform dan metode pengembangan sistem informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63-77.
Wahid, A. (2018). Jurnal pentingnya media pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar. Istiqra: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 5(2).
Yoriska, V., & Ristiono, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Menggunakan Google Sites Tentang Materi Sistem Sirkulasi Darah Pada Manusia Untuk Peserta Didik
Kelas Xi MIPA SMA. Biodidaktika: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 17(2).
Yusuf, R. R., Abdjul, T., & Payu, C. S. (2023). Validitas, Kepraktisan, dan Efektivitas Bahan Ajar
Berbantuan Google Sites pada Materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 9(1), 199-208.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licence:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.