Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Projected Jenis In-Focus dan LCD Projector
DOI:
https://doi.org/10.26618/jkm.v12i1.15476Kata Kunci:
Efektivitas, Media Pembelajaran, Projected In-Focus, LCD ProjectorAbstrak
Media pembelajaran projected jenis In-Focus atau LCD Projector dan diujicobakan dalam pembelajaran konsep Memahami Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Prospeknya di Masa Mendatang di kelas VII semester ganjil. penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas dengan tahapan–tahapan sebagai berikut: Perencanaan, Tindakan, Observasi, dan Refleksi, Yang terdiri dari dua siklus. Data yang terkumpul dari hasil catatan anekdot, catatan harian peneliti di analisis dengan teknik deskriptif kualitatif, dengan melukiskan dan memaparkan secara detail variabel-variabel yang satu dengan variabel lainnya. Data yang terkumpul dari hasil tes dianalisis dengan membandingkan skor tes siklus 1 dan siklus 2. Data yang terkumpul dari hasil angket pada siswa dianalisis secara deskriftif kuantitatif untuk mengetahui tanggapan siswa tentang kelemahan-kelemahan dan hambatan-hambatan yang dihadapi siswa dalam proses belajar mengajar. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil belajarnya meningkat dengan menggunakan media pembelajaran projected jenis In-Focus atau LCD projector. Hal ini ditunjukkan dengan jumlah siswa yang mencapai tutas belajar setiap siklus meningkat. Pada akhir siklus kedua siswa yang memperoleh nilai tuntas dengan KKM 70 adalah 95%, sedangkan siswa yang mendapat skor di bawah standar ketuntasan adalah 5%.
Referensi
Ariandini, N., & Ramly, R. A. (2023). Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan Media, 12(2), 107-116.
Arizaldy, R., & Alfadil, M. T. (2021). The influence of the application of power point learning media on ict learning outcomes. Jurnal Galeri Pendidikan, 1(01), 479.
Blanchard, Allan. Contextual Teaching and Learning. B.E.S.T. 2001
Dahlan. 1984. Model-Model Mengajar. Penerbit CV Dipanegoro ; Bandung
Hamzah,Yusuf, 2018. Kiat A Sampai Z Mendesain Jitu Penelitian Tindakan Kelas, Jogjakarta; Al Muflihun Pulishing.
Hamzah,Yusuf, 2019. Kiata A Sampai Z Menjadi Guru Keren, Makassar ; Cendeki Puplisher.
Kurniati, R., & Ramly, R. A. (2022). Development of macromedia flash module in the learning media course faculty of teacher training and education university of pejuang republik Indonesia. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 10(2), 366-384.
Mukhtar dan Samsu. 2003. Evaluasi Yang Sukses, Pedoman Mengukur Kinerja Pembelajaran. Penerbit Sasama Mitra Suksesa; Jakarta
Nur, Mohammad. 2000, Media Pengajaran dan Teknologi Untuk Pembelajaran. Makalah tidak diterbitkan
Penerbit Direktorat SLTP Depdiknas; Jakarta
Pratama, I. G., Hanif, M., Ramly, R. A., & Khotimah, D. K. (2023, July). Pengembangan media belajar pjok berbasis aplikasi smart learning di masa pandemi. In SIPTEK: Seminar Nasional Inovasi Dan Pengembangan Teknologi Pendidikan (Vol. 1, No. 1).
Ramly, R. A., & Ayu, S. (2022). Pengaruh Media Sosial Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan Media, 11(3), 107-119.
Riyanto, Theo. 2002. Pembelajaran Sebagai Proses Bimbingan Pribadi. Penerbit Grasindo; Jakarta
Sadiman, AS. 1990. Media Pendidikan, Jakarta : CV. Rajawali
Salman. 2004. Pendekatan Kontekstual dalam KBM di Sekolah. Artikel. Diakse tanggal 3 Juli 2004 http//www.salman-alfarisi.com/artikel/index.asp?id
Subana dan Sudrajat. 2001. Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. Penerbit CV Pustaka setia; Jakarta
Tim Dirjen Dikdasmen. 2000. Penilaian dan Pengujia Untuk Guru SLTP.
Tim Pelatih Proyek PGSM. 1999. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penerbit Dirjen pendidikan tinggi Depdiknas; Jakarta
Toeniloe, A.J.E. 1992. Teori dan Praktek Pengelolaan Kelas. Penerbit Usaha Nasional; Surabaya.
Yusuf, 2019. Kiat A sampai Z Menjadu Guru Primadona, Jogyakarta; Al Muflihun Pulishing.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licence:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.