PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA SMP UNISMUH MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.26618/jkm.v11i1.8000Abstract
Masalah dalam penelitian ini yaitu apakah ada pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis visual terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas VII SMP Unismuh Makassar dengan tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis visual terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas VII SMP Unismuh Makassar, dengan sampel eksperimen adalah kelas VII B2 sebanyak 25 siswa yang terdiri dari laki-laki. Jenis penelitian ini menggunakan pre eksperimen, instrumen penelitian yang digunakan adalah tes belajar, lembar observasi aktivitas siswa, dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam proses belajar mengajar sangat dibutuhkan sebuah media pembelajaran berbasis visual dalam fasilitas penunjang pembelajaran pada siswa kelas VII B2 SMP Unismuh Makassar berpengaruh terhadap hasil pembelajaran Bahasa Indonesia.
References
Abdul, Ghofur. 2012. Desain Pembelajaran: Konsep, Model, dan Aplikasinya Dalam Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran. Yogyakarta: Ombak.
Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung. PT. Refrika Aditama.
Arikunto, 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Azhar, Arsyad. 2004. Media Pembelajaran. Rev. ed.. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Boby, Agus Yusmiono. 2018. Media Pembelajaran Visual Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan. 5(1): 1-8
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Della, Sari. 2018. Pengaruh Media Pembelajaran Visual Terhadap Hasil Belajr Ekonomi Siswa. Jurnal Neraca. 2(2): 74-76
Dimyati, dan Mudjiono. 2010. Belajar dan Pembalajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
------------------------------. 2015. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Kustandi, C., & Sutjipto, B. 2011. Media Pembelajaran:Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.
Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: GP Press Group.
Pemerintah Indonesia. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang system pendidikan nasional. Jakarta: Secretariat Negara.
Priyatni, Endah Tri. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Rima wati, Ega. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena.
Rini, S Lentina. 2016. Pengaruh Penggunaan Media Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri 10 Kota Jambi. Jambi: Universitas Jambi.
Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.
----------. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
----------. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Sardiman. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sari, Della. 2018. Pengaruh Media Pembelajaran Visual Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa. Palembang: Universitas PGRI Palembang.
Slameto. 2010. Belajar dan Fakotr-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
----------. 2019. Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhana, Cucu. 2014. Konsep Strategi Pembelajaran (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.
Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.
Suryani, Nunik dan Leo Agung. 2012. Strategi Belajr Mengajar. Yogyakarta: Ombak.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Pranadamedia Group.
Sutikno, Sobry. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistica
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licence:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.