PENGARUH METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MTS NEGERI 4 BULUKUMBA
DOI:
https://doi.org/10.26618/jkm.v11i1.7999Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran outdoor learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Mts Negeri 4 Bulukumba, dengan masalah penelitian “Apakah ada pengaruh metode pembelajaran outdoor learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Mts Negeri 4 Bulukumba?”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan bentuk pretest postetst kontrol grub design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa Mts Negeri 4 Bulukumba Kelas VII B dan VII C. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi langsung tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh metode pembelajaran outdoor learning dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada materi objek ilmu pengetahuan alam dan pengamatannya yang dapat dilihat dari hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang ditunjukkan melalui uji hipotesis yakni 0,765 > 0,686 dibuktikan dengan analisis yang menyatakan bahwa nilai Sig < α yaitu 0,000 < 0,05 dan thitung > ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel. Dengan demikian, ditolak dan diterimaReferences
Amprhy Hidayah. 2015. Pengaruh metode pembelajaran diluar kelas (outdoor learning) terhadap hasil belajar pendidikan agama islam dan budi pekerti siswa smp negeri 1 sumbergempol tulung agung. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Islam Iain Tulung Agung.
Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2005
Helius Syamsuddin, dkk, Sejarah Pendidikan Indonesia Dizaman Kemerdekaaan (1945-1966).
Muhammad Kristiawan, Menejemen Pendidikan ( cet 1: Yogyakarta: deepublish, 2017) hal.2
Muhammad User Usman, Menjadi Guru Professional (cet 2 bandung: PT. Remaja Rosda Karya 1990) hal.1
Murselio dan Nasution, Mengajar Dengan Sukses (Successful Reaching).
Permediknas, No, 22 tahun 2006.
Riduwan 2014. Dasar-dasar Statistika Bandung: Alfabeta
Sarlota Ijie. (2016). Pengaruh penerapan metode pembelajaran outdoor learning terhadap hasil belajar siswa xb pada materi klasifikasi makhluk hidup di Sma Ypk Bathel
Sugiyono 2011, Metode Penelitian pendidikan (penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D) Bandung: Alfabeta.
Sugiyono 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Penelitian Kuantitatif, Kualiatatif dan R+D) Bandung: Alfabeta.
Sugiyono.2017. Metodologi penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif,kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2017. Metode penelitian & pengembangan.Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2017. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2018. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, Dan kombinasi Bandung: Alfabeta
Tim Penyusun FKIP Unismuh Makassar. 2019. Pedoman penulisan skripsi.
UU Nomor 20 tahun 2013, Tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 39.
UU, Sistem Pendidikan Nasional (cet IV Jakarta: Sinar Grafika, 2011) hal. 3 Muhammad Kristiawan OP. cit hal. 2
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licence:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.