IMPLEMENTASI KELAS MULTIMEDIA SMP NEGERI 1 SUNGGUMINASA KABUPATEN GOWA
DOI:
https://doi.org/10.26618/jkm.v11i1.7991Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kelas multimedia di SMP Negeri 1 Sungguminasa Kabupaten Gowa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelas multimedia merupakan salah satu program di SMP Negeri 1 Sungguminasa kelas multimedia ini merupakan kelas unggulan, program kelas multimedia ini dibentuk sebagai ciri dari sekolah dari sekolah dan menjadi pembeda dengan sekolah lain. Proses dalam kelas multimedia ini dimuai dengan penyeleksihan siswa yang dimana memiih siswa yang memiliki prestasi maupun nilai yang tinggi dari hasil tes masuk di SMP Negeri 1 Sungguminasa. Adapun faktor pendorong dan peghambat dalam dalam program ini dimana salah satu pendorongnya yakni sekolah sudah menyiapakan beberapa alat yang disediakan dikelas sebagai penunjang dalam pembelajaran serta penghambatnya yakni masih ada beberapa siswa yang tidak memiliki laptop padahal sudah diketahui bahwa kelas ini diwajibkan untuk siswanya memiliki laptop.
References
Baahrun, Murniati, R. S. P. (2017). Strategi peningkatan mutu pendidikan pada SMA negeri 3 meulaboh kecamatan johan pahlawan kabupaten aceh barat. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 5(3), 161–166.
Cut, F., Muniarti, A., & Nasir, U. (2017). Kompetensi Profesional Guru Dalam pengelolaan Pembelajaran Di MTs Muhammadiyah Banda Aceh 88-95
Direktorat Jenderal Pendidikan, D. dan M. (n.d.). Pedoman Umum Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah
Ekawati Y, 2017. Implementasi Kebijakan Sekolah Dasar Rujukan di SD Negeri 1 Bantul. 67-72
Fadli, M. (2017). Manajemen Peningkatan Mutu. 1(02), 26.
Husmita husman, 2020. Dalam penelitiannya yang berjudul “Implementasi kebijakan sekolah rujukan di smp negeri 1 taliabu barat dalam meningkatkan mutu pendidikan.
Jejen Musfah,2018.Analisis Kebijakan Pendidikan : Mengurai krisis karakter bangsa, Jakarta timur : KENCANA
Kemendikbud, 2016. Panduan pembinaan dan pengembangan sekolah rujukan pada sekolah menengah pertama
Kurniawan, N.2017. Pengaruh standar sarana dan prasarana terhadap efektifitas pembelajaran di Tk Al-Firdaus. Jurnal warna : Jurnal pendidikan dan pembelajaran anak usia dini,14-26
Miles, dkk, 2014. quadlitative data analysis,a methods sourcebook-third edition. London : Sage Publication,inc
Miles, Ma. B., & Huberman, M. A. (1994). Data Management and Analysis Method. In Handbook of Qualitative Research.
M.Hasbullah, 2015. Kebijakan Pendidikan: Dalam Perspektif Teori, Aplikasi ,dan Kondisi Objektif pendidikan di Indonesia. Jakarta: Rajawali Pers.
Nasrudin, & Maryadi. (2018). Manajemen sarana dan prasarana pendidikan dalam pembelajaran di SD. Jurnal Manajemen Pendidikan, 13 (1), 15–23
Nasrullah, M. (2015). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Berbasis Teknologi Informasi di Universitas Negeri Makassar. 5(1), 53–63.
Peraturan Pemerintah RI No 32 Tahun 2013. (2013). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013. The World Economy, 30 (11), 1662–1681. https://doi.org/10.1161/01.STR.32.1.139
Purwadi Sutanto, 2016. Konsep dan Pengembangan SMA Rujukan. Oleh : Kemendikbud
Qurban Hajar,2020. Implementasi kebijakan peningkatan profesionalisme guru smp negeri 3 Hu,u kabupaten dompu nusa tenggara barat
Ramdhani, A. (2017). Konsep Umum Pelaksanaan Kebijakan Publik Konsep Umum Pelaksanaan Kebijakan Publik. (February)
Rika, M. (2014). Peningkatan Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Untuk Meningkatkan KUuakitas Pembelajaran di SMPN 5 BUKITTINGGI. 2, 636–648
Rusdiana, 2015. Kebijakan pendidikan dari filosofi ke implementasi, Bandung : Pustaka Setia
Sudiyono, 2017. Buku Ajar: dari Formulasi ke Implementasi Kebijakan Pendidikan. Yogyakarta: FIP UNY
Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Kualitatif: Untuk penelitian yang bersifat: eksploratif, interaktif dan konstruktif, Bandung: Alfabeta
Sugiyono, 2015 Metode Penelitian Pendidikan: Pendekata Kuantitat Kualitatif dan R&G. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licence:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.