IMPLIKASI MODEL PEMBELAJARAN STAD SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VI PADA SDN 284 SAPPA TENTANG GEJALA ALAM INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.26618/jkm.v10i1.7949Abstract
Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan pada tahun 2018 sebagai kegiatan pengembangan profesi guru.
Karya tulis ini membahas tentang upaya nyata dan inovasi dari penulis dalam pembelajaran IPS dengan menerapkan model pembelajaran STAD.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan sikap positif siswa kelas VI pada SDN 284 Sappa dalam pembelajaran IPS pada materi gejala alam Indonesia..
Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SDN 284 Sappa pada siswa kelas VI semester 2 tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus pertama terdiri dari dua tindakan dan siklus kedua juga terdiri dari dua tindakan. Prosedur yang dilaksanakan pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Untuk mendapatkan data digunakan lembar observasi dan hasil nilai tes pada setiap siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran STADdapat meningkatkan pemahaman dan sikap positif siswa kelas VI pada SDN 284 Sappa dalam pembelajaran IPS, khususnya pada materi gejala alam Indonesia.
References
Anies, 2017. Negara Sejuta Bencana. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Amatembun, NA. 1989, Manajemen Kelas, Penuntun Bagi Guru dan Calon Guru, Bandung : FIP IKIP Bandung.
Arikunto, Suharsimi. 1982, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta : Rieneka Cipta
Haifani AM, 2008. Manajemen Resiko Bencana Gempa Bumi. Yogyakarta: Bapeten.
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Kolamalasari, Kokom. 2008. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Refika Aditama.
Panjaitan, Theodora. 2005. Pemilihan Metode dalam Pembelajaran. Surakarta: Tiga Serangkai.
Pribadi, Sikum, 1981, Media Pendidikan, Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. (Cet. XV). Bandung: PT. Ramaja Rosdakarya.
Noor, 2005. Geologi Lingkungan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media.
Kolamalasari, Kokom. 2008. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Refika Aditama.
Panjaitan, Theodora. 2005. Pemilihan Metode dalam Pembelajaran. Surakarta: Tiga Serangkai.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licence:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.