REDUKSI KONFLIK BATIN TOKOH RASUS DALAM PROSES EKRANISASI NOVEL RONGGENG DUKUH PARUK KARYA AHMAD TOHARI
DOI:
https://doi.org/10.26618/konfiks.v9i1.7122Kata Kunci:
Batin, Ekranisasi, Konflik, Rasus, Ronggeng.Abstrak
Fenomena ekranisasi diibaratkan seperti dua sisi mata uang. Di satu sisi, ekranisasi dapat menjadi sarana memperkenalkan dan menyebarluaskan sebuah karya kepada khalayak. Di sisi lain, ekranisasi dapat memberikan ketidakpuasan kepada kalangan yang memiliki ekspektasi tinggi terhadap karya sastra yang mengalami proses ekranisasi. Fenomena ekranisasi sangat laris di kancah perfilman Indonesia. Penyesuaian film hasil ekranisasi dengan pasar yang dituju memungkinkan terjadinya perubahan-perubahan dalam perjalanannya. Salah satu film yang merupakan ekranisasi atau adaptasi dari karya sastra adalah film berjudul “Sang Penari” (2011). Film yang disutradarai oleh Ifa Isfansyah ini merupakan film yang bersumber dari novel trilogi karya Ahmad Tohari berjudul “Ronggeng Dukuh Paruk” (1982). Penelitian ini selain berusaha untuk memaparkan, mengklasifikasikan, dan menjelaskan perubahan-perubahan yang terjadi akibat proses ekranisasi, juga mencoba untuk menjelaskan reduksi konflik batin yang dialami Rasus dalam novel “Ronggeng Dukuh Paruk” dan film “Sang Penari”. Teori yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah teori dari George Bluestone dalam bukunya yang berjudul “Novels Into Film” tentang penambahan (additions), pengurangan (subtractions), dan penghapusan (deletions). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat penambahan, pengurangan, penghilangan, dan reduksi konflik batin tokoh Rasus dalam proses ekranisasi novel Ronggeng Dukuh Paruk. Penelitian ini diharapkan dapat membuka peta penelitian selanjutnya, khususnya yang berkaitan dengan konflik batin tokoh Rasus.Referensi
Aini, S. H. (2016). Klasifikasi Emosi Tokoh Rasus dalam Novel Ronggeng Dukuh Paruk Karya Ahmad Tohari Ditinjau dari Psikoanalisis Sigmund Freud. Universitas Mataram.
Bluestone, G. (1957). Novels Into Film. University of California Press.
Eneste, P. (1991). Novel dan Film. Nusa Indah.
Gunawan, D., Hayati, Y., & Nasution, M. I. (2019). Alih Wahana Novel Ronggeng Dukuh Paruk Karya Ahmad Tohari ke Film Sang Penari Karya Sutradara Ifa Isfansyah: Ditinjau dari Episode Cerita. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 6(4), 525–534.
Hafid, M., Ratnasari, A., & Sakrim. (2021). Ekranisasi Novel Ronggeng Dukuh Paruk Karya Ahmad Tohari ke Film Sang Penari Karya Ifa Isfansyah. STKIP PGRI Bangkalan.
Huri, D. (2014). PENGUASAAN KOSAKATA KEDWIBAHASAAN ANTARA BAHASA SUNDA DAN BAHASA INDONESIA PADA ANAK-ANAK (SEBUAH ANALISIS DESKRIPTIF-KOMPARATIF) DAMAN. Jurnal Pendidikan Unsika, 2(1), 59–77.
Isfansyah, I. (2011). Sang Penari.
Kurniawan, I. (2017). Ekranisasi, Transformasi, dan Alih Wahana. Ruang Warna. https://ruangwarna.com/2017/11/22/ekranisasi-transformasi-dan-alih-wahana/
Praharwati, D. W., & Romadhon, S. (2017). Ekranisasi Sastra: Apresiasi Penikmat Sastra Alih Wahana. Buletin Al-Turas, 23(2), 267–286. https://doi.org/10.15408/bat.v23i2.5756
Rahmah, T. M. (2015). RONGGENG DALAM KEBUDAYAAN BANYUMAS DALAM NOVEL RONGGENG DUKUH PARUK KARYA AHMAD TOHARI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA “SUATU TINJAUAN OBJEKTIF” Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah.
Sumiyadi. (2015). Kajian Bandingan Kedidaktisan Karya Sastra Indonesia dengan Film Adaptasinya sebagai Upaya Menyusun Buku Suplemen Mata Pelajaran Bahasa Indonesia yang Sesuai dengan Kurikulum 2013.
Tohari, A. (2019). Ronggeng Dukuh Paruk (15th ed.). PT Gramedia Pustaka Utama.
Woodrich, C. A. (2016). Implikasi Metodologis dari Teori Ekranisasi George Bluestone dalam Buku Novels Into Film. Lingua Idea.
WS, S. (2010). Filmisasi Karya Sastra Indonesia: Kajian Ekranisasi pada Cerpen dan Film “Tentang Dia.” Bensuseno. https://bensuseno.wordpress.com/2010/02/22/filmisasi-karya-sastra-indonesia-kajian-ekranisasi-pada-cerpen-dan-film-“tentang-dia”/
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
The author owns the copyright and grants the journal rights for first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License which allows others to share the work with acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may enter into separate additional contractual agreements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, in institutional repositories or on their websites) before and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and larger citations of published work (See The Effect of Open Access).
Statement of Authenticity and Manuscript Copyright can be downloaded: Here
After filling in the statement letter, please send via e-mail: konfiks@unismuh.ac.id