PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS OBSERVASI MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA BLOGGER
DOI:
https://doi.org/10.26618/konfiks.v8i2.5686Kata Kunci:
Model Pembelajaran Mind Mapping, Blogger, Teks observasi, Penelitian Tindakan KelasAbstrak
Penelitian ini bertujuan menerapkan model pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan keterampilan menulis teks observasi kelas X berbantuan media blogger sebagai alat bantu media daring. Penelitian ini dilakukan pada masa pandemi Covid-19 yang menerapkan pembelajaran jarak jauh (daring) pada kelas X SMA Nusantara Plus . Desain pada penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menggunakan rumus rata-rata yaitu terjadi peningkatan pada setiap siklusnya. Berdasarkan pra siklus diperoleh hasil dengan nilai rata-rata 44, siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 74 tetapi belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal, dilanjutkan siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 84. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran mind mapping berbantuan media blogger dapat meningkatkan keterampilan menulis teks observasi peserta didik kelas X SMA Nusantara Plus.
Referensi
Alamsyah, Said dan Andi Budiman. 2015. 95 Strategi Mengajar Multiple Intelligences Mengajar Sesuai Kerja Otak dan Gaya Belajar Siswa. Jakarta: Prenada Media Group.
Arikunto, S. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Buzan, Tony. 2013. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Deporter. 2015. Quantum Learning. Bandung: PT. Mizan Pustaka Anggota Ikapi.
Indrawati dan Wanwan Setiawan. 2012. Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan untuk Guru SD. Jakarta: PPPPTK IPA.
Maswan, Lalia. 2016: Menjadi Penulis Populer. Yogyakarta: Deepublis.
Melvin, Silberman. 2014. Active Learning : 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: PT Nusamedia dan Nuansa.
Misra. 2013. “Peningkatan Kemampuan Menulis Pengumuman Melalui Metode Latihan”. Jurnal Kreatif Tadulako Online. Vol. 1, No 2.
Pratama, Erik. 2012. Blog Sebagai Media Pembelajaran. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Soebachman, Agustina. 2014. 4 Hari Mahir Menulis Artikel, Cerpen, Novel, Skripsi. Yogyakarta: Syura Media Utama.
Solomon, Gween. 2011. Web 2.0 Panduan Bagi Para Pendidik. Jakarta: PT Index.
Sulistyono dan Wiwik Sulistyowati. 2017. Peramalan Produksi dengan Metode Regresi Linier Berganda. Jurnal Prozima. 1 (2): 83 – 84.
Zainab, N. et al. 2013. Production Of Fire-Retardant Sound-Absorbing. Journal of Tropical Forest Science, 25(4), pp. 510-51.
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
The author owns the copyright and grants the journal rights for first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License which allows others to share the work with acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may enter into separate additional contractual agreements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, in institutional repositories or on their websites) before and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and larger citations of published work (See The Effect of Open Access).
Statement of Authenticity and Manuscript Copyright can be downloaded: Here
After filling in the statement letter, please send via e-mail: konfiks@unismuh.ac.id