PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS OBSERVASI MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA BLOGGER

Penulis

  • Rahma Amelia Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • lutfi syauki faznur Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.26618/konfiks.v8i2.5686

Kata Kunci:

Model Pembelajaran Mind Mapping, Blogger, Teks observasi, Penelitian Tindakan Kelas

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menerapkan model pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan keterampilan menulis teks observasi kelas X berbantuan media blogger sebagai alat bantu media daring. Penelitian ini dilakukan pada masa pandemi Covid-19 yang menerapkan pembelajaran jarak jauh (daring) pada kelas X SMA Nusantara Plus . Desain pada penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menggunakan rumus rata-rata yaitu terjadi peningkatan pada setiap siklusnya. Berdasarkan pra siklus diperoleh hasil dengan nilai rata-rata 44, siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 74 tetapi belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal, dilanjutkan siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 84. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran mind mapping berbantuan media blogger dapat meningkatkan keterampilan menulis teks observasi peserta didik kelas X SMA Nusantara Plus.

Biografi Penulis

  • Rahma Amelia, Universitas Muhammadiyah Jakarta

    Prodi Pendiidkan Bahasa dan Sastra Indonesia

     

     

     

     

     

     

     

     

  • lutfi syauki faznur, Universitas Muhammadiyah Jakarta
    Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Referensi

Alamsyah, Said dan Andi Budiman. 2015. 95 Strategi Mengajar Multiple Intelligences Mengajar Sesuai Kerja Otak dan Gaya Belajar Siswa. Jakarta: Prenada Media Group.

Arikunto, S. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Buzan, Tony. 2013. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Deporter. 2015. Quantum Learning. Bandung: PT. Mizan Pustaka Anggota Ikapi.

Indrawati dan Wanwan Setiawan. 2012. Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan untuk Guru SD. Jakarta: PPPPTK IPA.

Maswan, Lalia. 2016: Menjadi Penulis Populer. Yogyakarta: Deepublis.

Melvin, Silberman. 2014. Active Learning : 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: PT Nusamedia dan Nuansa.

Misra. 2013. “Peningkatan Kemampuan Menulis Pengumuman Melalui Metode Latihan”. Jurnal Kreatif Tadulako Online. Vol. 1, No 2.

Pratama, Erik. 2012. Blog Sebagai Media Pembelajaran. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Soebachman, Agustina. 2014. 4 Hari Mahir Menulis Artikel, Cerpen, Novel, Skripsi. Yogyakarta: Syura Media Utama.

Solomon, Gween. 2011. Web 2.0 Panduan Bagi Para Pendidik. Jakarta: PT Index.

Sulistyono dan Wiwik Sulistyowati. 2017. Peramalan Produksi dengan Metode Regresi Linier Berganda. Jurnal Prozima. 1 (2): 83 – 84.

Zainab, N. et al. 2013. Production Of Fire-Retardant Sound-Absorbing. Journal of Tropical Forest Science, 25(4), pp. 510-51.

Diterbitkan

2022-09-06

Terbitan

Bagian

Artikel