PEMEROLEHAN MORFOLOGI DAN SINTAKSIS PADA ANAK USIA 2-4 TAHUN (KAJIAN PSIKOLINGUISTIK)
DOI:
https://doi.org/10.26618/konfiks.v7i2.4524Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan sistem pemerolehan bahasa anak yang berusia 2 tahun 6 bulan dan anak yang berusia 3 tahun 1 bulan, khususnya yang mencakup pada tataran Morfologi dan Sintaksis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah Sheva yaitu anak yang berumur 2 tahun 6 bulan dan Raya anak yang berumur 3 tahun 1 bulan. Dapat disimpulkan bahwa: 1) Pada tataran Morfologi, anak yang berusia 2 tahun 6 bulan (Sheva) kata yang diproduksinya bertambah bersifat monomorfemik, belum nampak morfem yang membedakan arti kata, mampu mengatakan lebih dari suku kata, meskipun belum teratur sudah mampu menyusun kalimat sederhana, adanya proses afiksasi. Sedangkan pada anak berusia 3 tahun 1 bulan (Raya), kata yang diproduksinya semakin banyak, kata monomorfemik sudah lebih jelas, nampak morfem yang dapat membedakan arti kata, terdapat morfem bebas dan morfem terikat, penyusunan kalimat sudah teratur dan lebih panjang, dapat menggunakan tiga atau lebih kata, terdapat proses afiksasi. 2) Pada tataran Morfologi, anak yang berusia 2 tahun 6 bulan (Sheva), pola kalimat yang dihasilkan sangat sederhana, kalimat yang masih tidak lengkap, pengucapan fonem yang belum sempurna, sudah mampu menghasilkan kalimat deklaratif, imperatif dan interogatif secara sederhana. Sedangkan anak yang berusia 3 tahun 1 bulan (Raya), sudah dapat menghasilkan kalimat yang menyerupai orang dewasa, pelafalannya sudah cukup jelas,sudah mampu multikata dan dapat menghasilkan kalimat deklaratif, imperatif, dan interogatif yang jelas.
Kata Kunci: Pemerolehan Bahasa Anak; Morfologi; Sintaksis.
Referensi
Chaer, A. (2009). Psikolinguistik Kajian Teoritik. Rineka Cipta.
Darjowisdjojo, S. dan. (2010). Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Yayasan Obor Indonesia.
Ingram, D. (1999). First Language Acquisition Method, Description, and Explanation. Cambridge University Press.
Nababan, S. dan. (1992). Psikolinguistik, Suatu Pengantar. Gramedia.
Nuryani dan Dona Aji Karunia Putra. (2013). PSIKOLINGUISTIK. Mazhab Ciputat.
Reatner, G. B. G. dan. (1998). Psycholinguistics. Harcourt Brace Collage.
Schutz, R. (2006). Stephen Krashnt’s Theory of Secound Language Acquisition.
Sigel, I. and C. R. (2020). Cognitive Development from Childhood to Adolescence: A Construct//ivist Perspective.
Zasrianita, F. (2020). Pemerolehan Bahasa Indonesia Anak Usia 2,5 Tahun Dalam Kajian Fonologi, Morfologi, dan Sintaksis. Jurnal Hawa: IAIN Bengkulu, Volume 1 E.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
The author owns the copyright and grants the journal rights for first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License which allows others to share the work with acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may enter into separate additional contractual agreements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, in institutional repositories or on their websites) before and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and larger citations of published work (See The Effect of Open Access).
Statement of Authenticity and Manuscript Copyright can be downloaded: Here
After filling in the statement letter, please send via e-mail: konfiks@unismuh.ac.id