PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT MENGGUNAKAN STRATEGI GENIUS LEARNING SISWA KELAS X MIA 3 SMA NEGERI 19 GOWA
DOI:
https://doi.org/10.26618/konfiks.v6i2.4055Abstrak
Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimana peningkatan kemampuan siswa dalam menulis teks anekdot menggunakan strategi genius learning siswa kelas X MIA 3 SMA Negeri 19 Gowa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks anekdot menggunakan strategi genius learning Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Gowa.Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Reaserch) yang terdiri dari dua siklus dimana dua siklus dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan.Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi.Setting penelitiandilaksankan diSMA Negeri 19 Gowa, subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 3 SMA Negeri 19 Gowa sebanyak 35 siswa. Penelitian menunjukkan bahwa pada siklus pertama nilai rata-rata diperoleh sebesar 64,17% menjadi 84,14 % pada siklus kedua. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa strategi genius learning pada pembelajaran menulis teks anekdot mengalami peningkatan.Referensi
Pardjono dkk. 2007. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Yogyakarta.
Sugiyono. 2013. Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Tarigan, H.G. 2008.Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.
Unduhan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
The author owns the copyright and grants the journal rights for first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License which allows others to share the work with acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may enter into separate additional contractual agreements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, in institutional repositories or on their websites) before and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and larger citations of published work (See The Effect of Open Access).
Statement of Authenticity and Manuscript Copyright can be downloaded: Here
After filling in the statement letter, please send via e-mail: konfiks@unismuh.ac.id