PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT MENGGUNAKAN STRATEGI GENIUS LEARNING SISWA KELAS X MIA 3 SMA NEGERI 19 GOWA

Penulis

  • Ika Zulfika

DOI:

https://doi.org/10.26618/konfiks.v6i2.4055

Abstrak

Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimana peningkatan kemampuan siswa dalam menulis teks anekdot menggunakan strategi genius learning  siswa kelas X MIA 3 SMA Negeri 19 Gowa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks anekdot menggunakan strategi genius learning Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Gowa.Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Reaserch) yang terdiri dari dua siklus dimana dua siklus dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan.Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi.Setting penelitiandilaksankan diSMA Negeri 19 Gowa, subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 3 SMA Negeri 19 Gowa sebanyak 35 siswa. Penelitian menunjukkan bahwa pada siklus pertama nilai rata-rata diperoleh sebesar 64,17% menjadi 84,14 % pada siklus kedua. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa strategi genius learning pada pembelajaran menulis teks anekdot mengalami peningkatan.

Referensi

Pardjono dkk. 2007. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono. 2013. Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Tarigan, H.G. 2008.Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.

Terbitan

Bagian

Artikel