ANALISIS TINDAK TUTUR BAHASA IKLAN PADA PRODUK MI INSTAN INDOMIE DI TELEVISI

Penulis

  • Nurul Mutiah Romadhani IAIN SURAKARTA
  • Rose Juni Eles IAIN SURAKARTA

DOI:

https://doi.org/10.26618/konfiks.v7i1.3458

Abstrak

Peristiwa tindak tutur biasa digunakan untuk mengetahui sebuah informasi tertentu, peristiwa tindak tutur di tandai dengan adanya penutur dan mitra tutur. Permasalahan yang dikaji dalam analisis ini ialah tindak tutur, lokusi, ilokusi dan perlokusi yang terdapat dalam iklan produk mi instan indomie di televisi. Penelitian ini penting dilakukan karena dalam sebuah produksi, iklan merupakan salah satu aspek yang penting untuk mendongkrak penjualan produk. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan pragmatik, data dari penelitian ini yaitu bahasa iklan mi instan indomie yang ditulis lalu dianalisis. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik mengamati dan catat. Data diperoleh dengan cara melihat dan mengamati iklan mi instan indomie, kemudian mencatat data dari iklan yang ingin diteliti. Hasil dari penelitian ini menujukan bahwa adanya peristiwa tindak tutur lokusi, tindak tutur ilokusi serta tindak tutur perlokusi.

Referensi

Anjani, Yuni. 2016. Tindak Tutur Pada Wacana Iklan Berbahasa Indonesia Di Televisi Sebuah Kajian Pragmatik. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar-Dasar Evaluasai Pendidikan. Bandung: Bumi Angkasa.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar-Dasar Evaluasai Pendidikan. Bandung: Bumi Angkasa.

Hermintoyo, Suyanto. 2002. “Citra Perempuan dalam Bahasa Indonesia: Studi Kasus Citra Perempuan dalam Penggunaan Bahasa Indonesia pada Iklan Majalah Femina dan Kartini”. Laporan Penelitian. Semarang: Fakultas Sastra Undip.

Miarso, 2007. Menyemai benih teknologi pendidikan. Jakarta: Pustekom Diknas.

Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nazar, F.X. 2009. Pragmatik dan Penelitian Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Oktavianus. 2006. Analisis Wacana Lintas Bahasa. Yogyakarta: Andalas University Press.

Pangaribuan, Tagor. 2008. Paradigma Baru. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Prasetya, Rian Andri, dan Yunus. 2017. Tindak Tutur Pada Iklan Produk Makanan Cepat Saji Di Televisi Dan Implikasinya. J-Simbol. No 1.

Rusminto, Nurlaksana Eko. 2010. Memahami Bahasa Anak-anak: Sebuah Kajian Analisis Wacana Panduan Bagi Guru, Orang Tua dan Mahasiswa Jurusan Bahasa. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Saputri, Anil, Novia Juita, dan Ngusman. 2014. Tindak Tutur Direktif Dalam Iklan Kartu GSM. Bahasa dan Sastra 2. Vol 2. No 4.

Susilawati, Erni, dan Yunus. 2017. Variasi Bahasa Dalam Novel Perempuan Karya Peyem. Jurnal Bastra. Vol 1. No 4

Suyanto, M. 2005. Pengantar Teknologi infomasi untuk bisnis. Yogyakarta: Andi.

Widyatama, Rendra. 2007. Pengantar Periklanan. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.

Wiryotinoyo, M. 2006. Analisis Pragmatik dalam Penelitian Bahasa. Malang: Universitas Negeri Malang.

Wiyatasari, Reny. 2015. Teknik Penerjemahan Tindak Tutur Direktif dalam Cerpen Doktor Sihir Kaya Iwaya Sazanami dan Larilah Melos Karya Dazai Osamu. Jepang: Jurnal Bahasa Sastra dan Budaya. Volume 4, No.2 hal. 42-55.

Yule, George. 1996. Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zamzami. 2007. Kajian Sosiopragmatik. Yogyakarta: Cipta Pustaka.

Diterbitkan

2020-12-02

Terbitan

Bagian

Artikel

Cara Mengutip

ANALISIS TINDAK TUTUR BAHASA IKLAN PADA PRODUK MI INSTAN INDOMIE DI TELEVISI. (2020). JURNAL KONFIKS, 7(1), 38-46. https://doi.org/10.26618/konfiks.v7i1.3458