ANALISIS KETERLAMBATAN BERBICARA (SPECH DELAY) PADA ANAK STUDY KASUS ANAK USIA 10 TAHUN

Penulis

  • Purnama Sari Ratih Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Nuryani Nuryani Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.26618/konfiks.v7i1.2963

Abstrak

Penelitian ini yaitu berawal dari keterlambatan bicara yang terjadi pada anak usia 10 tahun. Bahasa adalah  system lambang bunyi yang arbiter yang dipergunakan oleh para anggota kelompok sosial untuk bekerja sama, berkomunikasi dan mengidentifikasi diri. Akan tetapi ketika berbicara tentang seorang yang mengalami keterlambatan berbicara, perkembangan tentang keterlambatan berbicara ini sangat sensitif terhadap perkembangan di bidang lain, yaitu psikologi, emosional, dan keadaan sekitarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap beberapa faktor penyebab keterlambatan berbicara, kasus gangguan Bahasa dan mengetahui penyebab keterlambatan berbicara yang dialami oleh anak usia 10 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif jenis studi kasus.

Referensi

Chaer. 2003. Linguistik Umum. Jakarta: PT: RINEKA CIPTA.

Nur Indah, Rohmani. 2017. Gangguan Berbahasa kajian pengantar. UIN: Maliki Press.

Subyantoro. 2013. Gangguan Berbahasa Mengenali Untuk Mengantisipasi Sejak Dini. Yogyakarta: Ombak Dua.

Diterbitkan

2020-12-02

Terbitan

Bagian

Artikel

Cara Mengutip

ANALISIS KETERLAMBATAN BERBICARA (SPECH DELAY) PADA ANAK STUDY KASUS ANAK USIA 10 TAHUN. (2020). JURNAL KONFIKS, 7(1), 9-15. https://doi.org/10.26618/konfiks.v7i1.2963