PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI DENGAN METODE TOPI PEMIKIRAN (SIX THINKING HATS) PADA SISWA KELAS X SMA GUPPI SAMATA
DOI:
https://doi.org/10.26618/konfiks.v5i1.1340Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah rendahnya keterampilan siswa dalam menulis paragraf argumentasi. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan keterampilan menulis paragraf argumentasi dengan metode Topi Pemikiran (Six Thinking Hats) pada siswa kelas X SMA Guppi Samata. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-A yang terdiri atas 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa, tes, observasi, analisis dokumen, dokumentasi dan wawancara serta format penilaian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan menulis paragraf argumentasi dengan metode Topi Pemikiran (Six Thinking Hats) pada siswa kelas X A SMA Guppi Samata. Peningkatan keterampilan menulis paragraf argumentasi tampak pada kualitas proses kualitas hasil. Peningkatan proses pada akhirnya berdampak positif pada peningkatan produk pratindakan sampai siklus II. Nilai Rata-rata skor pada pratindakan diperoleh 61,03, nilai rata-rata skor pada siklus I diperoleh 78,83 dan nilai rata-rata skor pada siklus II diperoleh 84,0. Kenaikan skor rata-rata mulai dari pratindakan hingga siklus II diperoleh 22,97. Secara keseluruhan semua aspek dari kriteria menulis paragraf argumentasi mengalami peningkatan yang cukup signifikasn, yaitu dari aspek isi, organisasi isi, kosakata, penggunaan bahasa dan mekanik.
Referensi
Abi Sofyan Giffari. 2013. Six Thinking Hats. (Online) netsains.net/013/10/six-thinking-hats, Diakses 03 Maret 2014, Pukul 09.55
Akhadiah, Sabarti dkk. 2001. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Deka Kurnia. 2011. Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Argumentasi dengan Menggunakan Metode Jigsaw. Skripsi. Tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Dewi Ambarwati. 2011. Peningkatan Keterampilan Menulis Persuasi dengan Media Iklan Advertorial pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Prembun. Skripsi. Tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
Keraf, Gorys. 2007. Argumentasi dan narasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Mafrukhi, Wahono, dkk. 2006. Kompeten Berbahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga
Medi Yanto. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Munirah. 2007. Dasar Keterampilan Menulis. Tidak diterbitkan. FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar.
Munirah. 2010. Model dan Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Tidak diterbitkan. Fkip Universitas Muhammadiyah Makassar.
Munirah. 2015. Karya Tulis Ilmiah. Tidak diterbitkan. FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar.
Nur, Hanis, dkk. 2001. Keterampilan Dasar Dalam Proses Pembelajaran. Makassar: Penerbit Unismuh Makassar Pers.
Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: Penerbit BPFE
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
The author owns the copyright and grants the journal rights for first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License which allows others to share the work with acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may enter into separate additional contractual agreements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, in institutional repositories or on their websites) before and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and larger citations of published work (See The Effect of Open Access).
Statement of Authenticity and Manuscript Copyright can be downloaded: Here
After filling in the statement letter, please send via e-mail: konfiks@unismuh.ac.id