KEEFEKTIFAN METODE PQRST (PREVIEW, QUESTION, READ, SUMMERIZE, TEST) DALAM MEMBACA PEMAHAMAN TEKS BACAAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 SUNGGUMINASA KABUPATEN GOWA
DOI:
https://doi.org/10.26618/konfiks.v5i1.1335Abstrak
Keefektifan Metode PQRST (Preview, Question, Read, Summerize, Test) dalam Membaca Pemahaman Teks Bacaan Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Sungguminasa Kabupaten Gowa Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “bagaimana Keefektifan Metode PQRST (Preview, Question, Read, Summerize, Test) dalam Membaca Pemahaman Teks Bacaan Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Sungguminasa Kabupaten Gowa?”. Penelitian ini adalah Eksperimen. Hipotesis penelitian ini adalah bahwa ada perbedaan hasil belajar membaca pemahaman dengan penggunaan metode PQRST (preview, question, read, summerize, test) dalam teks bacaan mata pelajaran Indonesia yang diberikan kepada siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Sungguminasa Kabupaten Gowa tahun ajaran 2016/2017 dan jumlah siswa 40 orang. Data penelitian ini diperoleh dari tes hasil belajar untuk melihat keberhasilan belajar siswa setelah pembelajaran menggunakan metode PQRST (preview, question, read, summerize, test).
Referensi
Anderson, Paul. 2014. Keterampilan Bahasa di Sekolah. Jakarta: Publishing.
Brown, Douglas. 2014. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. Jakarta: Pearson Education.
Budinuryanto. 1997. Pengantar Pemahaman. Yogyakarta: BPFE.
Chandra. Penggunaan Strategi Pembelajaran Reciprocal Teaching dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Wacana Deskrispi Siswa Kelas X SMK Negeri 5 Makassar. Skripsi. FKIP: UNISMUH. (tidak diterbitkan)
Depdikbud. 1985. Pengajaran dan Pembelajaran. Edisi III. Jakarta: Balai Pustaka
Eskey, D. 2002. Membaca dan Guru. Jakarta: TESOL.
Freankle, dkk. 2007. Mengevaluasi Pembelajaran. Jakarta: Gramedia.
Hambali. 2008. Psikolinguistik: Suatu Pengantar. Diktat. FKIP: UNISMUH.
Kundharu. S. & Y. Slamet. 2014. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia : Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: GRAHA ILMU
Masriah. 2009. Peningkatan Pemahaman Membaca Siswa melalui Metode STAD di Kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Sendana Kabupaten Majene. Skripsi. Makassar: UNISMUH.( tidak diterbitkan).
Oka, I Gusti Ngurah. 1983. Pengantar Membaca dan Pengajarannya. Surabaya: Usaha Nasional.
Thamrin P & A. Rahman Rahim. 2012. Bunga Rampai Pembelajaran: aplikasi Pembelajaran Kreatif Efektif dan Menyenangkan. Makassar: Membumi Publishing
.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
The author owns the copyright and grants the journal rights for first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License which allows others to share the work with acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may enter into separate additional contractual agreements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, in institutional repositories or on their websites) before and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and larger citations of published work (See The Effect of Open Access).
Statement of Authenticity and Manuscript Copyright can be downloaded: Here
After filling in the statement letter, please send via e-mail: konfiks@unismuh.ac.id