KEEFEKTIFAN METODE PQRST (PREVIEW, QUESTION, READ, SUMMERIZE, TEST) DALAM MEMBACA PEMAHAMAN TEKS BACAAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 SUNGGUMINASA KABUPATEN GOWA

Penulis

  • Muhammad Dahlan Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Syekh Adiwijaya Latief Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.26618/konfiks.v5i1.1335

Abstrak

Keefektifan Metode PQRST (Preview, Question, Read, Summerize, Test) dalam Membaca Pemahaman Teks Bacaan Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Sungguminasa Kabupaten Gowa Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “bagaimana Keefektifan Metode PQRST (Preview, Question, Read, Summerize, Test) dalam Membaca Pemahaman Teks Bacaan Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Sungguminasa Kabupaten Gowa?”.  Penelitian ini adalah Eksperimen. Hipotesis penelitian ini adalah bahwa ada perbedaan hasil belajar membaca pemahaman dengan penggunaan metode  PQRST (preview, question, read, summerize, test) dalam  teks bacaan mata pelajaran Indonesia yang diberikan kepada siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Sungguminasa Kabupaten Gowa tahun ajaran 2016/2017 dan jumlah siswa 40 orang. Data penelitian ini diperoleh dari tes hasil belajar untuk melihat keberhasilan belajar siswa setelah pembelajaran menggunakan metode PQRST (preview, question, read, summerize, test).

Biografi Penulis

  • Muhammad Dahlan, Universitas Muhammadiyah Makassar
    Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP 
  • Syekh Adiwijaya Latief, Universitas Muhammadiyah Makassar
    Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP

Referensi

Anderson, Paul. 2014. Keterampilan Bahasa di Sekolah. Jakarta: Publishing.

Brown, Douglas. 2014. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. Jakarta: Pearson Education.

Budinuryanto. 1997. Pengantar Pemahaman. Yogyakarta: BPFE.

Chandra. Penggunaan Strategi Pembelajaran Reciprocal Teaching dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Wacana Deskrispi Siswa Kelas X SMK Negeri 5 Makassar. Skripsi. FKIP: UNISMUH. (tidak diterbitkan)

Depdikbud. 1985. Pengajaran dan Pembelajaran. Edisi III. Jakarta: Balai Pustaka

Eskey, D. 2002. Membaca dan Guru. Jakarta: TESOL.

Freankle, dkk. 2007. Mengevaluasi Pembelajaran. Jakarta: Gramedia.

Hambali. 2008. Psikolinguistik: Suatu Pengantar. Diktat. FKIP: UNISMUH.

Kundharu. S. & Y. Slamet. 2014. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia : Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: GRAHA ILMU

Masriah. 2009. Peningkatan Pemahaman Membaca Siswa melalui Metode STAD di Kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Sendana Kabupaten Majene. Skripsi. Makassar: UNISMUH.( tidak diterbitkan).

Oka, I Gusti Ngurah. 1983. Pengantar Membaca dan Pengajarannya. Surabaya: Usaha Nasional.

Thamrin P & A. Rahman Rahim. 2012. Bunga Rampai Pembelajaran: aplikasi Pembelajaran Kreatif Efektif dan Menyenangkan. Makassar: Membumi Publishing

.

Diterbitkan

2018-06-08

Terbitan

Bagian

Artikel

Cara Mengutip

KEEFEKTIFAN METODE PQRST (PREVIEW, QUESTION, READ, SUMMERIZE, TEST) DALAM MEMBACA PEMAHAMAN TEKS BACAAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 SUNGGUMINASA KABUPATEN GOWA. (2018). JURNAL KONFIKS, 5(1), 17-21. https://doi.org/10.26618/konfiks.v5i1.1335