ANALISIS WACANA KRITIS IKLAN OPERATOR SELULER
DOI:
https://doi.org/10.26618/konfiks.v5i1.1336Abstract
Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis wacana teks iklan komersial yang direpresentasikan pada media televisi dan online. Pemaknaan kata, frasa, kalimat dalam iklan komersial dikaji dengan analisis wacana kritis Fairclough yang dilaksanakan melalui tiga tahap yaitu: deskripsi, interpretasi, dan ekspalanasi yang mengkaji tiga nilai yaitu: eksperensial, relasional, dan ekspresif dalam pilihan gramatika berupa penggunaan model kalimat. Model kalimat yang ditemukan adalah kalimat metafora pencitraan, frasa adjektiva, pewatas, kata sifat (adjektiva).
Hasil penelitian menunjukkan Bentuk kalimat yang muncul dalam wacana iklan operator seluler adalah termasuk ragam tak baku. Bahasa iklan meniru dari bahasa iklan operator selular lain, yang mengunggulkan tarif telepon murah. Pihak operator seluler berusaha menyampaikan informasi dan menarik perhatian pengguna kartu seluler. Bahasa yang disampaikan dalam iklan memiliki makna dan mencerminkan karakter dari setiap perusahaan jasa operator seluler. Semakin beragamnya operator seluler yang ada di Indonesia menimbulkan persaingan guna mendapatkan hati penggunanya. Setiap operator menggunakan kosakata yang menarik hati pelanggan seluler dan bahkan menjatuhkan operator seluler lain.
References
Cutting, Joan. 2002. Pragmatics and Discourse. London & New York: Routledge.
Classe, Oliver (Ed.). Encyclopedia of Literary Translation into English. (Vol. 2). (London: Fitzroy Dearborn Publishers, 2000).
Ba’dulu, Abdul Muis. 2010. Discourse Analysis. Makassar:UNM.
Eriyanto. 2002. Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LKIS.
Fairclough, Norman. 2003. Language and Power. Malang: Boyan Publishing.
Fashri, Fauzi. 2014. Pierre Bourdieu: Menyingkap Kuasa Simbol. Yogyakarta:Jalasutra,
Jufri & Achmad Tolla. 2017. Wacana Kritis. Makassar: Universitas Negeri Makassar
Jufri & Achmad Tolla. 2012. Pertarungan Simbolik dalam Wacana. Makassar: Program Pascasarjana UNM
Jufri. 2008. Analisis Wacana Kritis. Makassar: Universitas Negeri Makassar.
Ritzer, George.2014. Teori Sosiologi Modern. Edisi Ketujuh. Terj. Triwibowo BS, Jakarta: Kencana.
Siminto. 2004. “Analisis Wacana Iklan Televisi Royko Rasa Terasi” dalam Sumarlan, Agnes Adhani dan Indratmo. Bandung: Pakar Raya.
Tim Redaksi KBBI Pusat Bahasa. 2011. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Pusat Bahasa, Edisi Keempat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Van Dijk, Teun A. 1985. Handbook of Discourse Analysis (volume 1). London: Academic Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
The author owns the copyright and grants the journal rights for first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License which allows others to share the work with acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may enter into separate additional contractual agreements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, in institutional repositories or on their websites) before and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and larger citations of published work (See The Effect of Open Access).
Statement of Authenticity and Manuscript Copyright can be downloaded: Here
After filling in the statement letter, please send via e-mail: konfiks@unismuh.ac.id