PENGGUNAAN APLIKASI PORTAL RUMAH BELAJAR PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH
DOI:
https://doi.org/10.26618/konfiks.v8i1.4536Abstract
Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan aplikasi portal Rumah Belajar Kemendikbud dalam proses pembelajaran jarak jauh. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui tata cara dan beberpa komen-komen yang menggunakan media portal Rumah Belajar. Penelitian ini memfokuskan pada penggunaan media portal Rumah Belajar secara umum, juga langkah-langkah dan keefektifan siswa dalam mengunakan aplikasi Rumah Belajar pada Pembelajaran Jarak Jauh atau PJJ. Dalam pemanfaatan portal Rumah Belajar Kemendikbud sebagai model pembelajaran daring di berbagai sekolah-sekolah yang ada di Indonesia menjadi suatu pilihan para guru agar mempermudah adanya proses pembelajaran. Fitur-fitur yang disediakan di dalam portal Rumah Belajar sangat beragam, terdapat (1) Bank Soal, (2) kelas digital, (3) sumber belajar, (4) laboratorium Maya dan lain sebagainya.
References
DAFTAR PUSTAKA
Hasan, M. F., Parubak, A. S., & Yogaswara, R. (2018). Belar Kognitif Peserta Didik Kelas X Mia Sma Santo. Arfak Chem: Chemistry Education Journal, 121–125. http://jurnal.unipa.ac.id/index.php/accej
Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).
Nur Alfy Ilmy. (2014). PENGARUH PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION DENGAN SUPLEMEN RUMAH BELAJAR (SITUS ELEARNING KEMEDIKBUD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM SYARAF MANUSIA.
SANDI, P. A. (2019). PEDOMAN PEMANFAATAN PORTAL RUMAH BELAJAR strategi pembelajaran berbasis TIK memanfaatkan rumah belajar. 75. http://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id/uploads/tipe_pelatihan/80c2c010011b10ce0aa1e51a76bbfbd1.pdf
Yanti, M. T., Kuntarto, E., & Kurniawan, A. R. (2020). Pemanfaatan Portal Rumah Belajar Kemendikbud Sebagai Model Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Adi Widya Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 61–68.
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
The author owns the copyright and grants the journal rights for first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License which allows others to share the work with acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may enter into separate additional contractual agreements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, in institutional repositories or on their websites) before and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and larger citations of published work (See The Effect of Open Access).
Statement of Authenticity and Manuscript Copyright can be downloaded: Here
After filling in the statement letter, please send via e-mail: konfiks@unismuh.ac.id