ANALISIS PENDERITA GANGGUAN CADEL PADA KAJIAN PSIKOLINGUISTIK
DOI:
https://doi.org/10.26618/konfiks.v7i2.4485Abstract
Abstrak: Dengan adanya ganguan berbahasa dapat mengahmbat terjadinya pada proses komunikasi pada seseorang. Disatria atau bisa dikatakan ganguan cadel yaitu gangguan berbahasa fonetis yang dapat membuat penderita mengalami rendahnya tingkat percaya diri. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengidentifikasi gangguan cadel dan penyebab cadel pada usia remaja. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan adanya wawancara via Whatsapp dan metode simak melalui via voice notes. Pada hasil penelitian ini terdapat gangguan berbicara tentang fonem (bunyi) yang tidak sempurna kepada anak remaja yang berusia 17 tahun, sehingga gangguan yang dialami oleh anak remaja ini biasa dikarenakan oleh faktor psikologis dan dipengaruhi oleh faktor lingkungan serta faktor bawaan ketika bayi. Fonem (bunyi) tersebut lebih mendominasi kepada “R”bila berada di akhir suku kata, sehingga hal ini menyebabkan posisi lidah yang terlalu pendek.
Kata Kunci: Gangguan Berbicara; Cadel; Kajian Psikolinguistik.
References
Dardjowidjojo, S. (2003). Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa. In Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Harimurti, K. (1982). Kamus linguistik edisi keempat. In Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Lexy J. Moleong, D. M. A. (2019). Moleong, Lexi J, 2014.” Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi”. Bandung : Remaja Rosdakarya. PT. Remaja Rosda Karya.
Mahsun. (2008). Metode Penelitian Bahasa. Fakultas Adab Dan Humaniora UIN Sunan Ampel Surabaya.
Matondang, C. E. H. (2019). Analisis Gangguan Berbicara Anak Cadel (Kajian Pada Perspektif Psikologi Dan Neurologi). Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 49–59.
Rohmani Nur Indah. (2017). Gangguan Berbahasa: Kajian Pengantar. In UIN-Maliki Press.
Sundoro, B. T. (2020). Pola Tutur Penderita Cadel Dan Penyebabnya (Kajian Psikolinguistik). KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 3(2), 338–349. https://doi.org/10.24176/kredo.v3i2.4612
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
The author owns the copyright and grants the journal rights for first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License which allows others to share the work with acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may enter into separate additional contractual agreements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, in institutional repositories or on their websites) before and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and larger citations of published work (See The Effect of Open Access).
Statement of Authenticity and Manuscript Copyright can be downloaded: Here
After filling in the statement letter, please send via e-mail: konfiks@unismuh.ac.id