Manajemen Pelayanan Bagi Peserta Bpjs Kesehatan Di Rsud Syech Yusuf Kabupaten Gowa

Authors

  • Rahmah Nujannah Administrasi negara
  • Andi Nuraeni Aksa Administrasi negara
  • Muhammad Idris Administrasi negara

DOI:

https://doi.org/10.26618/kjap.v3i1.894

Abstract

The research aim was to know the plan, application and supervision of serving for the health BPJS member in Syech Yusuf hospital in Gowa regency. The research kind was the descriptive qualitative. The Informan were 8 people. The data source was the primer data and secunder data. The data collecting technique used the observation, documentation and interview for instrument. The research result showed that still there were the patient who came and did not get the quick service, sometimes they have to be in line for hours if would like of the employs were often came late. The patient would like to get the good service but they got the otherwise.

keywords: management, service, healthy BPJS

 

 

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Perencanaan, Pelaksanaan dan Pengawasan pelayanan bagi peserta BPJS kesehatan di RSUD Syech Yusuf Kabupaten Gowa. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Informan berjumlah delapan orang. Data bersumber dari data primer dan data sekunder. Tehnik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih banyak pasien yang datang tidak mendapat pelayanan dengan cepat, kadang antri berjam-jam bila ingin berobat. Hal yang lain dapat kita lihat bahwa sebagian pegawainya sering datang terlambat. Pasien ingin mendapat pelayanan yang baik akan tetapi pelayanan yang didapatkan tidak sesuai dengan yang diharapkan.

 

kata kunci: manajemen, pelayanan,BPJS kesehatan

 

Author Biographies

  • Rahmah Nujannah, Administrasi negara
    Unismuh Makassar
  • Andi Nuraeni Aksa, Administrasi negara
    Unismuh Makassar
  • Muhammad Idris, Administrasi negara
    Unismuh Makassar

References

Anton Mulyono Aziz, dan Maya Irjayanti. 2014. Manajemen. Bandung: Mardika Group.

Ibrahim, Amin. 2008. Teori dan Konsep Pelayanan Publik serta Implementasinya. Bandung: Mandar Maju.

Irham, Fahmi. 2011. Manajemen Teori, Kakus dan Solusi. Bandung: ALFABETA.

Kasmir. 2006. Kewirausahaan. Jakarta: Rajawali Pers

Moenir, AS. 2002. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta : Bumi Aksara.

Pasolong, Harbani. 2010. Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.

Sulastri, Lilis. 2014. Manajemen Sebuah Pengantar Sejarah, Tokoh, Teori dan Praktik. Bandung: La Goods Publishing.

Solihin, Ismail. 2010. Pengantar Manajemen. Jakarta: Erlangga.

Terry, George. 2010. Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Ulber, Silalahi. 2011. Asas-Asas Manajemen. Bandung: PT. RefikaAditya

Downloads

Published

2017-09-29

Issue

Section

Articles