Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kualitas Pealyanan Surat Tanda Nomor Kendaraan Di Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap Kabupaten Soppeng
DOI:
https://doi.org/10.26618/kimap.v2i2.3833الملخص
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi terhadap kualitas pelayanan STNK di Kantor Samsat Kabupaten Soppeng. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian mixed methods dengan tipe penelitian fenomenologi dan survei. Hipotesis yang dikemukakan adalah budaya organisasi terhadap kualitas. Data diperoleh dari 60 Responden yang terdiri dari 11 orang pegawai dan 49 orang masyarakat. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis regresi linear sederhana dengan Y = 41,464 + 436 X dengan bantuan Pearson product moment (r) melalui program SPSS Versi 22.0 pada taraf signifikan α= 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif signifikan antara budaya organisasi terhadap kualitas pelayanan Surat Tanda Nomor Kendaraan di Kantor Samsat Kabupaten Soppeng dengan koefisien regresi 0,436 sebesar dalam interpretasi koefisien regresi pada kategori sedang sehingga dapat dikatakan bahwa ada pengaruh budaya organisasi terhadap kualitas pelayanan STNK di Kantor Samsat Kabupaten Soppeng.
المراجع
Andrey Carver Purba. Skipsi. Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kualitas Pelayanan Publik (Studi Kantor Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Samsat Medan Selatan. 2015. Diakses 18 Februari 2019.
Dwiyanto, Agus. 2005 . Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fandy Tjiptono and Gregorius Chandra. 2007. . Service, Quality Satisfaction. Yogyakarta : Andi Ofset.
Hikamawati. Skripsi. Pengaruh budaya organisasi terhadap kualitas pelayanan publik di sekretarian daerah kabupaten gowa. 2017. Diakses 18 Februari 2019.
Moenir, H. 2002 . Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Peraturan Menteri No. 63 Tahun
tentang Pendayagunaan Aparatur Negara
Ratminto dan Winarsih. 2006. Manajemen Pelayanan Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Robbins, S. P. 2006. PerilakuOrganisasi . Jakarta: PT Gramedia.
Sinambella. (2006). Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta : PT. Pertja
Tangkilisan, Hessel Nogi S. 2005.Manajemen Publik . Jakarta: Gramedia Widia Sarana Indonesia.
التنزيلات
منشور
إصدار
القسم
الرخصة
In the event that the article is accepted by the Editorial Team of KIMAP: Scientific Review of Public Administration, with registration number ISSN 2746-0460 (online) and there is a decision to publish the article, the copyright of the article passes to KIMAP: Scientific Review of Public Administration, with registration number ISSN 2746-0460 (online).
The Department of Public Administration, Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Muhammadiyah Makassar in collaboration with the Indonesian Association for Public Administration (IAPA) as the publisher of the Scientific Review of Public Administration, with registration number ISSN 2746-0460 (online) holds the copyright to all articles published in this journal.
The Department of Public Administration, Faculty of Social and Political Sciences, University of Muhammadiyah Makassar in collaboration with the Indonesian Association for Public Administration (IAPA) has the right to reproduce and distribute this article and the author is not allowed to republish the same article that has been published in this journal.
Manuscript Authenticity and Copyright Statement can be downloaded: Click Here
After filling out the statement, please send it via email: kimap@unismuh.ac.id