Strategi Pelayanan Administrasi Di Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Kabupaten Takalar
DOI:
https://doi.org/10.26618/kimap.v5i6.14485الكلمات المفتاحية:
Strategi، Pelayanan Administrasiالملخص
ABSTRAKPenelitian ini bertujuan guna mengetahui bagaimana staretegi pelayanan di badan kesatuan bangsa dan politik kabupaten takalar agar terwujudnya pelayanan administrasi yang efektif. Adapun jumlah informan pada penelitian ini adalah 8 (delapan) orang. Dengan menggunakan Teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dokumentasi, dokumen perusahaan, dan studi Pustaka. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pelayanan administrasi di badan kesatuan bangsa dan politik kabupaten takalar dapat dilihat dari aspek 1) atribut layanan masyarakat sudah dikatakan efektif, hal ini bisa dilihat dari sarana dan prasarana yang sudah cukup memadai, 2) aspek pendekatan untuk penyempurnaan layanan belum bisa dikatakan efektif, hal ini dikarenakan masih lambatnya pegawai dalam menyelesaikan surat menyurat yang dipengaruhi oleh kurangnya SDM, 3) aspek implementasi manajemen juga belum bisa dikatakan efektif, hal ini dikarenakan pelatihan untuk para pegawai di badan KESBANGPOL kabupaten takalar kiranya masih kurang, dan aspek ke 4) system umpan balik sudah dikatakan efektif yakni dari kecakapan kepala badan kesatuan bangsa dan politik kabupaten takalar dalam memahami kendala yang dialami oleh masyarakat.
المراجع
Dedek Kurniawan Gulton. (2020). Determinasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepercayaan. Volume 3.
Denok Sunarsi. (2018). Pengaruh Rekrutmen, Seleksi Dan Pelatihan Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan. Vol.6.
Fitri Rahmadana, M., Tentrem Mawati Nurhayati Siagian, A., Agustina Perangin-angin John Refelino, M., Yusuf Tojiri, M., Siagian Nur Arif Nugraha, V., Orba Manullang, S., Silalahi Devi Yendrianof, M., Puspita Sari, A., Nopen Supriadi Marlynda Happy Nurmalita Sari, M., & Bahri Penerbit Yayasan Kita Menulis, S. (2020). Pelayanan Publik.
Havianto, H. (2014). Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik. ISSN 2303.
Lailul Mursyidah, M. A., & Ilmi Usrotin Choiriyah, M. A. (2015). manajemen pelayanan publik.
Maulidiah, sri. (2014). pelayanan administrasi terpadu.
Mella Alkhori Datus Salam. (2022). Pengaruh Sarana Prasarana Dan Kualitas Pelayanan Administrasi Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Terhadap Kepuasan Masyarakat. Volume IX.
Moenir. (2002). Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Jakarta. Bumi Aksara.
Rafida Dewi Muslimah. (2014). Prosedur Pelayanan Administrasi Dalam Pembuatan Sertifikat Tanah Pada Badan Pertanahan Nasional Di Kota Samarinda. Volume 3.
Salusu. (2015). Strategi Pelayanan Administrasi
Tjiptono,i F.i (2000).i Manajemeni Jasa.i Andii Yogyakarta.
Wahyudi. (2019). Pengaruh Disiplin Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan. Volume 2.}
التنزيلات
منشور
إصدار
القسم
الرخصة
In the event that the article is accepted by the Editorial Team of KIMAP: Scientific Review of Public Administration, with registration number ISSN 2746-0460 (online) and there is a decision to publish the article, the copyright of the article passes to KIMAP: Scientific Review of Public Administration, with registration number ISSN 2746-0460 (online).
The Department of Public Administration, Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Muhammadiyah Makassar in collaboration with the Indonesian Association for Public Administration (IAPA) as the publisher of the Scientific Review of Public Administration, with registration number ISSN 2746-0460 (online) holds the copyright to all articles published in this journal.
The Department of Public Administration, Faculty of Social and Political Sciences, University of Muhammadiyah Makassar in collaboration with the Indonesian Association for Public Administration (IAPA) has the right to reproduce and distribute this article and the author is not allowed to republish the same article that has been published in this journal.
Manuscript Authenticity and Copyright Statement can be downloaded: Click Here
After filling out the statement, please send it via email: kimap@unismuh.ac.id