HUBUNGAN BIMBINGAN ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS 2 MELALUI PEMBELAJARAN JARAK JAUH

Penulis

  • Tri Suryaningsih Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
  • Anis Fuadah Zuhri Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
  • Anisa Bukhori Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26618/jrpd.v6i1.9659

Kata Kunci:

Bimbingan Orang Tua, Motivasi Belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara bimbingan orang tua terhadap motivasi belajar pada saat pembelajaran jarak jauh peserta didik kelas 2 SD Muhammadiyah 12 Pamulang. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas 2 SD Muhammadiyah 12 Pamulang yang berjumlah 122 peserta didik dan jumlah sampel 61 peserta didik dengan random sampling. Data yang diambil untuk variabel bebas dan terikat menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan statistik korelasi product moment pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil analisis data pada uji korelasi dengan taraf signifikan 0,05 didapat hasil dengan nilai sig. sebesar 0,000, hasil rhitung dibanding dengan rtabel (61;0,05) = 0,254 oleh karena itu rhitung ≥ rtabel maka Ha diterima Ho ditolak, sehingga hipotesis ada hubungan antara bimbingan orang tua dengan motivasi belajar peserta didik kelas 2 SD Muhammadiyah 12 Pamulang pada saat pembelajaran jarak jauh diterima. Dengan hasil korelasi  0,667 atau sebesar 44,48% maka hubungan bimbingan orang tua dengan motivasi belajar berkategori kuat/tingg

 

 

 

Referensi

Ghullam Hamdu, Lisa Agustina dan Engaruh. (2011). Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol. 12.

Hardani, Dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu Group. 2020.

Izzani, Ahmad & Salehudin. (2017) Fikih Keluarga, Bandung: Mizan Media Utama.

Kurniawan, Asep. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja rosda karya.

Munirwan, Umar. (2015). Peran Orang Tua dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak, Jurnal Ilmiah Edukasi.

Parnawi, Afi. (2019). Psikologi Belajar. Jakarta: Deepublish.

QS Al-Tahrim [66]: 6

Titik, Lestari Endang. (2020). Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Siswa Sekolah Dasar. Yogyakarta: Penerbit Budi Utama.

UU RI. 20. 2003. tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bab 2. Pasal 3.

Diterbitkan

2023-04-07

Terbitan

Bagian

Articles