PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL ASSEMBLR EDU BERBASIS AUGMENTED REALITY TERHADAP KETERAMPILAN MENGANALISIS SISWA DI SANGGAR BIMBINGAN KAMPUNG BARU MALAYSIA

Authors

DOI:

https://doi.org/10.26618/jrpd.v8i1.17561

Keywords:

Assemblr Edu, Augmented Reality, keterampilan menganalisis, media pembelajaran digital

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dampak platform pembelajaran digital realitas tertambah Malaysia Assemblr Edu terhadap keterampilan analitis siswa di Pusat Bimbingan Belajar Kampung Baru. Penerapan teknologi realitas tertambah secara signifikan meningkatkan kemampuan Assemblr Edu untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih menarik dan interaktif. Penelitian ini menggunakan eksperimen kuantitatif yang memanfaatkan desain pra-tes dan pasca-tes dengan satu kelompok. Penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata meningkat dari 52,9 sebelum ujian menjadi 85 setelahnya. Nilai-t sebesar -11,018, yang diperoleh dari analisis regresi linier parsial dengan 17 derajat kebebasan pada tingkat signifikansi 5%, melampaui nilai t-tabel kritis sebesar 1,740. Hipotesis nol, Ho, ditolak demi hipotesis alternatif, Ha. Perakitan media memberikan keuntungan ganda bagi siswa kelas lima di Pusat Bimbingan Belajar Kampung Baru di Malaysia: meningkatkan kemampuan analitis mereka dan memperkaya pemahaman mereka tentang konsep-konsep filosofis dan agama.

Author Biographies

  • Yuli Amalia Hutajulu, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
    Mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  • Dewi Kesuma Nasution, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
    Wakil Dekan 1 di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

References

Damaraharjo, H., Hasan, I., & Komalasari, N. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Belajar Digital Terhadap Minat Belajar Pada Siswa SD Al Azhar Primer Jakarta The. Jupensal, 1(1), 289–286.

Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 1–17.

Henrliniar, D. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Analisis Siswa SMA Negeri 1 Lebakwangi Kabupaten Kuningan pada Mata Pelajaran Biologi Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Locus Penelitian Dan Pengabdian, 2(3), 200–217. https://doi.org/10.58344/locus.v2i3.923

Julita, & Dheni Purnasari, P. (2022). Pemanfataan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Dalam Pendidikan Era Digital. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(2), 227–239. https://doi.org/10.46229/elia.v2i2.460

Mahyastuti, I., Dwiyana, D., & Hidayanto, E. (2021). Kemampuan Berpikir Analitis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 8(1), 1–6. https://doi.org/10.21831/jpms.v8i1.19644

Sari, E. P. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Media Augmented Reality (AR) Materi Sistem Tata Surya dalam Pembelajaran IPA Kelas VI MI AL-Mursyidiyyah. UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV.UTAMA.

Yuniarti, A., Titin, T., Safarini, F., Rahmadia, I., & Putri, S. (2023). Media Konvensional Dan Media Digital Dalam Pembelajaran. JUTECH : Journal Education and Technology, 4(2), 84–95. https://doi.org/10.31932/jutech.v4i2.2920

Downloads

Published

2025-04-01

Issue

Section

Articles