Teknik Eksplorasi Teks, Kamus Rima, Dan Berpikir Lateral Dalam Pembelajaran Menulis Pantun Lintas Kurikulum Di Kelas IV SD Pertiwi Makassar
DOI:
https://doi.org/10.26618/jkpd.v7i1.6771Kata Kunci:
eksplorasi teks, kamus rima, dan pantun lintas kurikulumAbstrak
Salah satu materi pelajaran bahsa dan sastra Indonesia di Sekolah Dasar adalah menulis dan membaca pantun. Pantun sebagai bagian dari budaya sastra diupayakan untuk dilestarikan melalui proses belajar di sekolah. Pantun perlu dilestarikan karena mempunyai nilai-nilai etik pergaulan yang luhur dan nilai-nilai estetik yang mengagumkan. Pantun perlu dilestarikan, ditumbuhkembangkan, serta disalurkan kepada generasi mendatang agar tidak punah. Masalahnya kemampun menulis pantun dan ketertarikan terhadap pantun masih lemah termasuk di SD Pertiwi Makassar. Oleh karena itu, penulis melakukan upaya perbaikan me;lalui penelitian dengan menyodorkan salah satu strategi menulis pantun. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan tingkat kemampuan menulis pantun lintas kurikulum siswa kelas IV SD Pertiwi Makassar mengunakan teknik konvensional. (2) mendeskripsikan tingkat kemampuan menulis pantun lintas kurikulum siswa kelas IV SD Pertiwi Makassar menggunakan teknik eksplorasi teks, kamus rima, dan berpikir lateral. (3) mendeskripsikan efektif tidaknya teknik eksplorasi teks, kamus rima, dan berpikir lateral terhadap peningkatan kemampuan menulis pantun lintas kurikulum siswa kelas IV SD Pertiwi Makassar. Penelitian merupaklan penelitian survei dengan teknik eksperimen semu. Adapun populasi penelitian adalah seluruh kelas IV SD Pertiwi Makassar tahun pelajaran 2020/2021. Populasi tersebut berjumlah 84 orang. Sesuai karakteristik penelitian ekperimen yang membutuhkan kelas ekperimen dan kelas kontrol, maka dalam penelitian dibuat kelas eksperimen dan kontrol diambil dua kelas yaitu kelas IV A dan kelas IVB secara acak yang sebelumnya diuji kemampuan menulis pantunnya yang relatif sama. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Tingkat hasil belajar menulis pantun lintas kurikulum siswa kelas IV SD Pertiwi Makassar menggunakan eksplorasi teks, kamus rima, dan berpikir lateral adalah rata-rata 79,33 dalam rentangan nilai 10-100 dengan kategori tinggi.(2) Tingkat hasil belajar menulis pantun lintas kurikulum siswa kelas IV SD Pertiwi Makassar menggunakan teknik konvensional adalah rata-rata 67,74 dalam rentangan nilai 10-100 dengan kategori sedang.(3) Eksplorasi teks, kamus rima, dan berpikir lateral efektif dalam meningkatkan hasil menulis pantun lintas kurikulum siswa kelas IV SD Pertiwi Makassar, karena nilai t hitung/empiris lebih besar daripada nilai t tabel/teoretis (14,27>1,6709).Referensi
Agni, Binar. 2013. Pantun, Puisi, Majas, Peribahasa, Kata Mutiara.Jakarta : Hi-Fest Publishing
Akhadiah, Sabarti, dkk. 2010. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia Jakarta : Erlangga
Ali, H.M. 2019. Melestarikan Pantun melalui Pendidikan. http://www.melayuonline.com. diakses tanggal 11 Januari 2021
Amaliah, Arifah. 2015. Peningkatan Kemmapuan Menulis Pantun Siswa SD 01 Semarang melalui Inpirasi GambarJurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol.4 . Semarang: Unnes
Arif, Mustakim. 2011. Indonesia dalam Pantun . Makassar: Pustaka Refleksi
Bono, De Edward. 2011. Lateral Thinking: A Textbook of Creativity Paperback: California: Pinguin Publishing
Depdikbud. 2013.Pedoman Penilaian Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat pembinaan TK dan SD
Hariani, Heri. 2014. Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Pantun dengan Model Think Pair And Share di Kelas IV SD Negeri 7 Jeumpa.. Tesis . Nabgroh Aceh Darussalam: Unsiah
Hermawan, Agus. 2013 “Peningkatan Keterampilan Menulis Pantun Anak melalui Pendekatan Kontekstual dengan Media Kartu Warna pada Siswa Kelas IVB SDN Sampangan 01 Semarang”.Skripsi. Semarang: Unes
Mulyani. 2012. Menulis Pantun. Jogjakarta: Analisis
Qomariyah, Sri. 2010. Peningkatan Kemampuan Menulis Pantun Melalui Metode TTW (Think, Talk, And Write) Siswa Kelas Iv Sdn 1 Platar, Tahunan. Jurnal Kependidikan Dasar Unnes Vol.1.1 September 2010.
Satya, Erlangga Darmawan. 2021. Meningkatkan Kecerdasan Anak lewat Imajinasi. d.alam https://lifestyle.kompas.com. diakses tanggal 21 Mei 2021
Wartik . 2017.Peningkatan Kemampuan Menulis Pantun Melalui Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 24 Air Saleh. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia.UPGRI Palembang. Vol.7 No.2 tahun 2017.