KOMPARASI KEEFEKTIFAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING DAN OPEN ENDED DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS VI SD INP BANGKALA 2 KOTA MAKASSAR

Penulis

  • Satriawati - - UNIVERSITAS MEGAREZKY
  • Irman Rahim - Rahim Universitas Megarezky

DOI:

https://doi.org/10.26618/jkpd.v6i1.4795

Kata Kunci:

PendekatanProblem Solving, Pendekatan Open Ended

Abstrak

Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pendekatan problem Solving lebih efektif daripada Pendekatan open ended dalam pembelajaran IPA siswa kelas VI SD INP Bangkala 2 Kota Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SD dan sampel terdiri dari dua kelas yakni kelas eksperimen I  menggunakan problem Solving, dan kelas eksprimen II menggunakan Pendekatan open ended. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Data siswa diambil berdasarkan prestasi belajar.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterlaksanaan Pembelajaran dengan Pendekatan Problem Solving dan pendekatan Open Ended dalam pelajaran IPA terlaksana dengan baik. (2) penerapan Pendekatan Problem Solving dan pendekatan Open Ended dalam pembelajaran IPA siswa kelas VI SD INP Bangkala 2 Kota Makassar. Hasil uji hipotesis pada taraf siginifikan  dengan uji-t menunjukan Pendekatan Problem Solving lebih efektif dari pada pendekatan Open Ended dalam pembelajaran IPA siswa kelas VI SD INP Bangkala 2 Kota Makassar.

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (edisi Revisi). Jakarta : Bumi Aksara

Hafid, Abd dan Asmah. 2010. Pendidikan IPA II. Watampone: Universitas Negeri Makassar

Hamiyah, N & Jauhar, M. 2014. Strategi Belajar mengajar di kelas. Jakarta. Prestasi Pustaka Raya

Jamaluddin , Wahidah. 2010. Komparasi Pendekatan Problem Solving terhadap hasil belajar dan kreatifitas siswa (Tesis). Pps Universitas Negeri Makassar

Kurinasih,Imas dan Sani, Berlin. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah

Ngalimun. 2014. Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin: Aswaja Pressindo

Permendikbud RI Nomor 81A tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum 2013, Pedoman Umum Pembelajaran Kemendikbud.

Rohman, Muhammad. 2013. Strategi & Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran. Jakarta. Prestasi Pustaka Karya

Slavin, R, E. 1994. Educational Psychology, Theories and Practice. Fourth Edition. Masschusetts: Allyn and Bacon Publishers

Sutarno, Nono. 2008. Materi Dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Diterbitkan

2021-02-20

Terbitan

Bagian

Articles