Model Perencanaan Komunikasi dalam Merespon dan Mengatasi Keluhan Pelanggan PT. PLN Persero Kabupaten Wajo (Studi Kasus ULP PLN Sengkang)
DOI:
https://doi.org/10.26618/jko.v5i1.15860Keywords:
Model Perencanaan Komunikasi, Keluhan PelangganAbstract
Model perencanaan komunikasi dalam hal ini didefinisikan sebagai manajemen dalam pengaduan (mekanisme pengaduan) yang merupakan bagian dari pelayanan kepada pelanggan dengan memfasilitasi, mengakomodasi dan mengelola keluhan pelanggan atas layanan yang diterima. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data Sumber data primer yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder dengan total 5 informan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan analisis data interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model perencanaan komunikasi dalam merespon dan mengatasi keluhan nasabah PT PLN Persero Kabupaten Wajo menunjukkan indikator (a) Analisis dan penelitian, analisis dan penelitian, pengaduan yang diterima oleh PLN Sengkang ULP terlebih dahulu akan dilakukan cross-check dan pendalaman pengaduan. b) Perencanaan, kemudian dilakukan dengan tahap persiapan agar personel lapangan yang akan turun dapat segera melakukan tindakan yang tepat sasaran. (c) Pelaksanaan, tim teknis mengutamakan standar operasional, keamanan untuk tetap memperhatikan waktu dalam menyelesaikan pekerjaan agar tidak merugikan pelanggan. (d) Kegiatan komunikasi, ada komunikasi yang ditujukan untuk internal dan eksternal (pelanggan). (e) Umpan balik, dimana setelah penanganan umpan balik tindakan yang diterima beragam dan terdapat Formulir Survei Singkat Mengenai Kualitas Pelayanan Kelistrikan hingga Penanganan pengaduan yang diisi oleh masyarakat. (f) Evaluasi dimana materi masukan dari masyarakat akan ditampung dan didengarkan.References
Ade Ameliia, A. (2021). Strategi Komunikasi Organisasi Divisi Pemasaran dan Pelayanan Pelanggan PT. PLN UP3 (Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Palembang) dalam Menangani Keluhan Pelanggan Prioritas di Era Pandemi Covid-19. Doctoral Dissertation, Sriwijaya University., 3(July), 1–23.
Chandra, B. A. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Komplain Konsumen. Universitas Atma Jaya Yogyakarta, 65–106.
Daryanto, & S. (2014). Konsumen dan pelayanan prima. In Yogyakarta. Gava Media.
Fujianti, P., Humas, K., Komunikasi, J. I., Ilmu, F., Dan, S., Politik, I., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2019). Pola Komunikasi PT. PLN (Persero) Cabang Kota Serang (Studi Kasus Merespon Keluhan Pelanggan). Doctoral Dissertation, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Isti Ariani, A. (2020). Strategi Komunikasi PT. PLN (Persero) Rayon Kabupaten Kepulauan Selayar dalam Menanggapi Keluhan Pelanggan atas Pemadaman Listrik. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/id/eprint/14608
James. (2016). Perilaku Konsumen, Jilid 6. In Jakarta: Binarupa Aksara.
Jefkins, F. (2018). Definisi Dan Kekhususan Public Relations. In Jakarta: PT Gelora Aksara.
Mulyana, D. (2015). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Cetakan ke 20. In Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nurjaman, K., & Umam, K. (2015). Komunikasi dan Public Relations. In CV. Pustaka Setia (Vol. 5, Issue 2).
Nurudin. (2016). Pengantar Komunikasi Massa. In Jakarta : Raja Grafindo Persada. Raja Grafindo Persada.
Nyoman Galuh, S. (2018). Abstrak. Pola Komunikasi Customer Relationship PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Divre V Surabaya (Studi Kasus PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Divre V Surabaya Dalam Menghadapi Keluhan Pelanggan Produk Indiehome).
Sitanggang, A. C. (2017). Konsumen Di Hotel Grand Praba. Jurnal: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Bandar Lampung.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. In Bandung: Alfabeta.
Suryadi, E. (2018). Strategi Komunikasi Sebuah Analisis Teori dan Praktis di Era Global. In Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who submit manuscripts to the Jurnal Komunikasi dan Organisasi (J-KO) fully understand and agree that, upon acceptance for publication, the copyright of the article shall be transferred to the Jurnal Komunikasi dan Organisasi (J-KO) and the Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Muhammadiyah Makassar, as the journal's publisher. Authors are required to submit a signed Copyright Transfer Agreement as part of the publication process. It can be downloaded: Click Here