Analisis Perubahan Siklus Pendidikan dalam Kebijakan Kurikulum Merdeka
الكلمات المفتاحية:
perubahan siklus pendidikan، kebijakan kurikulum merdekaالملخص
Penelitian ini membahas tentang analisis perubahan siklus dalam kebijakan kurikulum merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis perubahan siklus pendidikan dalam kebijakan Kurikulum saat ini. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, pada penelitian ini akan melakukan analisis perubahan siklus pendidikan dalam kebijakan kurikulum merdeka. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan secara interaktif melalui proses reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkap bahwa kurikulum merupakan yang sangat penting bagi keberhasilan suatu pendidikan. Tanpa kurikulum yang sesuai dan tepat akan sulit untuk mencapai tujuan dan sasaran pendidikan yang diinginkan. Kurikulum merupakan seperangkat atau suatu sistem rencana dan pengaturan mengenai bahan pembelajaran yang dapat dipedomani dalam aktivitas belajar mengajar. Intinya kurikulum adalah rencana pembelajaran.Terjadinya perubahan kurikulum ini menjadi sesuatu yang mengherankan bagi kebanyakan orang yang tidak memahaminya. Dalam konteks perubahan siklus pendidikan ini kebijakan kurikulum merdeka ini merupakan usaha untuk mendukung visi pendidikan Indonesia sebagai bagian dari upaya pemulihan pembelajaran, Kurikulum Merdeka (yang sebelumnya disebut sebagai kurikulum prototipe) dikembangkan sebagai kerangka kurikulum yang lebih fleksibel, sekaligus berfokus pada materi esensial dan pengembangan karakter dan kompetensi peserta didik.المراجع
Alhamuddin. (2014). Sejarah Kurikulum di Indonesia. Nur El-Islam, 1(2), 48–58.
Arviansyah, M. R., & Shagena, A. (2022). Efektivitas Dan Peran Dari Guru Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Lentera, 17(1), 40–50.
Fitriyah, C. Z., & Wardani, R. P. (2022). Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 12(3), 236–243. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i3.p236-243
Hudaidah, & Ananda, A. P. (2021). Perkembangan Kurikulum Pendidikan Indonesia dari Masa ke Masa. Jurnal Pendidikan Sejarah dan Kajian Sejarah, 3(2), 102–108.
Maghfuri Amin. (2020). Analisis politik dan kebijakan pendidikan islam pada awal orde reformasi (1998-2004). Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 14–26. https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/614/924
Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Prosiding Pendidikan Dasar Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Mahesa Centre Research, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174
Mukrimaa, S. S., Nurdyansyah, Fahyuni, E. F., YULIA CITRA, A., Schulz, N. D., غسان, د., Taniredja, T., Faridli, E. M., & Harmianto, S. (2016). Dampak Kebijakan Perubahan Kurikulum terhadap Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(August), 128.
Nasution, S. W. (2021). Assesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Prosding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1(1), 135–142. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.181
Nugraha, T. S. (2022). Inovasi Kurikulum. 250–261.
Rahayu, Rosita, Rahayuningsih, H. H. (2021). Jurnal basicedu. Jurnal basicedu, 5(4), 2541–2549. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230
Sumintono, B. (2021). Isu Pengembangan Kurikulum Baru 1 oleh: Bambang Sumintono 2. April, 1. http://deceng2.wordpress.com
Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718
التنزيلات
منشور
إصدار
القسم
الرخصة
© 2019. This work is licensed under a CC BY 4.0 license
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0