Analisis Dampak Globalisasi Sebagai Dasar Penentuan Arah Kebijakan Pendidikan di Sekolah

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.26618/equilibrium.v11i2.9667

Kata Kunci:

Globalisasi, Kebijakan, Pendidikan

Abstrak

Abstrak. Menghadapi era globalisasi sekolah sebagai penyelengara pendidikan dipandang perlu merumuskan kebijakan pendidikan agar proses pendidikan yang dilakukan tetap relevan dan mampu menjawab kebutuhan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana sebuah lembaga pendidikan menentukan arah kebijakan pendidikannya sebagai sebuah respon terhadap kehadiran era globalisasi. penelitian ini adalah deskriptif kualitatif atau dengan metode studi library research yang dikembangkan berdasarkan hasil pengamatan di lapangan. Hasil dari kajian ini menyimpulkan bahwa Kebijakan pendidikan dalam sebuah lembaga pendidikan dapat menjadi titik awal untuk memulai langkah pembaharuan. Kebijakan pendidikan sejatinya lebih komprehensif serta tepat guna sehingga benar-benar efektif untuk dilaksanakan.

 

Biografi Penulis

  • Sri Nanti, SMA Negeri I Koto Baru
    SMA NEGERI I KOTO BARU

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Dewi, E. (2019). Potret Pendidikan di Era Globalisasi Teknosentrisme dan Proses Dehumanisasi. Sukma: Jurnal Pendidikan, 3(1), 93–116. https://doi.org/10.32533/03105.2019

Hasan, M. I. (2002). Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian. Ghalia Indonesia.

Karunia Vanya. (2022). /https://www.kompas.com/dampak-positif-dan-negatif-globalisasi-di-bidang-pendidikan?page=all.

Muhdi.S , Kastawi. N.S, W. . (2017). Teknik Pengambilan Keputusan Dalam Menentukan Model Manajemen Pendidikan Menengah. Manajemen Pendidikan, 4(2), 135–145.

Muslam, H. (2011). Globalisasi dalam Pendidikan (Desain Kurikumum yang Harus Dikembangkan Dalam Pendidikan di Era Globalisasi). Wahana Akademika, 12(3), 4–12.

Oktavia, L. S., Nurhidayati, N., & Gistituati, N. (2021). Kebijakan pendidikan: kerangka, proses dan strategi. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(1), 95. https://doi.org/10.29210/3003909000

Pawero, A. M. D. (2021). Arah Baru Perencanaan Pendidikan dan Implikasinya Terhadap Kebijakan Pendidikan. Dirasah (Jurnal Study Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam), 4(1), 24. http://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/dirasah/article/view/177

Rahmawaty, PeniSi, M., Respati, D., Sumunar, S., & Si, M. (2018). PROSIDING SEMINAR NASIONAL Prosiding Seminar Nasional. LPP Mandala, 2(January), 978–979.

Subayil. (2020). Kebijakan Pendidikan Di Era Globalisasi. DIDAKTIKA: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 23(1), 30–44. https://doi.org/10.24853/ma.3.

Suharsimi, A. (2002). Prosedur Penenltian Suatu pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Sulindawati, N. L. G. E. (2018). Analisis Unsur-Unsur Pendidikan Masa Lalu Sebagai Dasar Penentuan Arah Kebijakan Pembelajaran Pada Era Globalisasi. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 4(1), 51–60. https://doi.org/10.23887/jiis.v4i1.14363

Sya’bani, M. A. Y. (2017). Kebijakan Pendidikan Di Era Globalisasi. DIDAKTIKA: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 23(1), 30–44.

Tektona, R. I. (2022). Kebijakan Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Era Disrupsi Globalisasi. Waskita: Jurnal Pendidikan Nilai Dan Pembangunan Karakter, 6(1), 73. https://doi.org/10.21776/ub.waskita.2022.006.01.6

Tilaar, H. A. R. (2009). Kekuasaan dan Pendidikan. Rineka Cipta. Jakarta

Wirasasmita, R., & Hendriawan, E. (2020). Implementasi Model Pendidikan Masyarakat pada Era Globalisasi. Mimbar Pendidikan, 5(2), 161–176. https://doi.org/10.17509/mimbardik.v5i2.28873

Diterbitkan

2023-05-09