Pemanfaatan Fitur Whiteboard pada Aplikasi Zoom Sebagai Sarana Pembelajaran Latihan Menulis Huruf Hiragana di Akpar BSI Bandung

Penulis

  • Willma Fauzzia Akpar BSI Bandung
  • Rina Dwi Handayani Perhotelan, Akpar BSI Bandung

DOI:

https://doi.org/10.26618/equilibrium.v11i1.9385

Kata Kunci:

Huruf Hiragana, Pembelajaran Daring, Fitur Whiteboard

Abstrak

Abstrak.Huruf Jepang yang pertama kali harus dikuasai adalah hiragana, tiap huruf memiliki tata cara urutan penulisannya tersendiri. Salah satu faktor penghambat penguasaan huruf Jepang di masa pandemi ini yaitu para peserta didik tidak bisa melihat langsung bagaimana tata cara penulisan huruf tersebut. Banyak peserta didik hanya sekedarnya dalam menuliskan huruf hiragana, tanpa memperhatikan tata cara penulisannya. Media yang digunakan dalam pembelajaran hiragana secara daring adalah fitur whiteboard yang terdapat dalam aplikasi zoom meeting. Fitur ini adalah sebuah papan tulis digital yang dapat dimanfaatkan untuk membuat coretan, tulisan hingga gambar. Dengan fitur ini pengajar dapat mencontohkan tata cara penulisan huruf hiragana dengan menuliskannya di whiteboard, lalu peserta didik pun bisa ikut mencoba menuliskan huruf tersebut. Hasil dari penelitian ini mendapatkan respon yang positif dari para mahasiswa. Dengan fitur ini mahasiswa dapat mengetahui tata cara dan urutan penulisan huruf hiragana secara langsung, selain itu mahasiswa juga dapat berlatih menulis huruf hiragana di fitur whiteboard lalu bila terdapat kesalahan dalam penulisan huruf hiragana, dosen bisa langsung mengoreksi karena antara mahasiswa dan dosen terjadi interaksi dua arah saat pembelajaran.

Referensi

Archibald, M. M., Ambagtsheer, R. C., Casey, M. G., & Lawless, M. (2019). Using Zoom Videoconferencing for Qualitative Data Collection: Perceptions and Experiences of Researchers and Participants. Https://Doi.Org/10.1177/1609406919874596, 18. https://doi.org/10.1177/1609406919874596

Chik, A., & Benson, P. (2021). Commentary: Digital language and learning in the time of coronavirus. Linguistics and Education, 62. https://doi.org/10.1016/J.LINGED.2020.100873

Ely Satiyasih Rosali. (2020). Aktivitas Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Geography Science Education Journal (GEOSEE), Vol.1 No 1(1), 22. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/geosee/article/view/1921

Espino-Díaz, L., Fernandez-Caminero, G., Hernandez-Lloret, C. M., Gonzalez-Gonzalez, H., & Alvarez-Castillo, J. L. (2020). Analyzing the impact of COVID-19 on education professionals. Toward a paradigm shift: ICT and neuroeducation as a binomial of action. Sustainability (Switzerland), 12(14), 5646. https://doi.org/10.3390/su12145646

Irwan, I., Luthfi, Z. F., & Waldi, A. (2019). Efektifitas Penggunaan Kahoot! untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 8(1), 95–104. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i1.1866

Kadek, N., Utami, Y., Ds, M., Gema, N., & Persada, E. (2022). FITUR DESAIN PADA APLIKASI ZOOM SEBAGAI PENDUKUNG KONSULTAN ARSITEKTUR DI ERA PANDEMI. Jurnal Anala, 10(1), 1–8. https://doi.org/10.46650/ANALA.10.1.1195.1-8

MacIntyre, P. D., Gregersen, T., & Mercer, S. (2020). Language teachers’ coping strategies during the Covid-19 conversion to online teaching: Correlations with stress, wellbeing and negative emotions. System, 94, 102352. https://doi.org/10.1016/J.SYSTEM.2020.102352

Mulyana, T. O. E. (2020). FAKTOR KESULITAN BELAJAR MENULIS HURUF HIRAGANA PADA SISWA KELAS X SMA LABSCHOOL SURABAYA TAHUN AJARAN 2019/2020 | Hikari. Hikari, 1(4), 61–67. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/kejepangan-unesa/article/view/33865

Setiawati, N. (2020). Pembelajaran Kanji II di Masa Pandemi Covid-19 dengan Bantuan Media Edmodo. Janaru Saja: Jurnal Program Studi Sastra Jepang, 9(November), 13–27. https://ojs.unikom.ac.id/index.php/janarusaja/article/download/3565/2148

Wijayanti, A. A. R., & Poetranto, I. W. D. (2021). Chi ’ e : Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang. CHIE: Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang, 9(1), 54–61.

Zoom Communication Inc. (2016). Security Guide. https://d24cgw3uvb9a9h.cloudfront.net/static/81625/doc/Zoom-Security-White-Paper.pdf

Diterbitkan

2023-01-12