Analisis Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VI SDN 12 Singkawang
DOI:
https://doi.org/10.26618/equilibrium.v10i3.8647Kata Kunci:
Analisis, Kemandirian Belajar, Pelajaran IPSAbstrak
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemandirian belajar siswa di kelas VI-B SDN 12 Singkawang. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 20 orang siswa kelas VI-B SDN 12 Singkawang. Objek dalam penelitian ini adalah kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VI SDN 12 Singkawang. Instrumen pengumpul data dalam penelitian ini berupa angket dan wawancara sesuai dengan indikator kemandirian belajar yang telah diujikan dengan validitas isi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa sangat mandiri pada saat belajar pada mata pelajaran IPS dengan rata-rata 72,5. Adapun siswa percaya diri pada saat belajar mata pelajaran IPS mempunyai rata-rata 79 dengan kategori sangat mandiri, tanggung jawab pada saat belajar mata pelajaran IPS mempunyai rata-rata 81 dengan kategori sangat mandiri, displin pada saat belajar mata pelajaran IPS mempunyai rata-rata 85 dengan kategori sangat mandiri dan inisiatif pada saat belajar mata pelajaran IPS mempunyai rata-rata 64 dengan kategori mandiri.
Referensi
Aisyah, S, dkk. 2018. Analisis Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kimia Di Kelas X SMA Negeri 3 Sintang. Jurnal Ilmiah, 6(2), 4
Hendriana, E. C. 2016. Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui Kegiatan Pembiasaan Dan Keteladanan. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Ilmu Pendidikan. 1(2).
Morrison, G. 2012. “Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini”. Jakarta :PT Indeks.
Rahmat, S. 2019.“Ilmu Pendidikan: Konsep, Teori dan Aplikasinya”. Medan: Penerbit LPPPI
Sriyono H. 2015. “Bimbingan dan Konseling Belajar Bagi Siswa di Sekolah”. Depok :PT RajaGrafindo Persada.
Sugiyono. 2013. “ Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D”. Bandung :Penerbit Alfabeta.
Suid, dkk. 2017. Analisis Kemandirian Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas III SD Negeri 1 Banda Aceh. Jurnal unsyiah. 1(5), 80.
Sukmadinata, N. S. 2011. “Metode Penelitian Pendidikan”. Bandung:. PT Remaja Rosdakarya.
Susanto, A. 2014. “Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar”. Jakarta: Pramedia Group.
Tresnaningsih, F. Dkk. 2019. Kemandirian Belajar Siswa Kelas III SDN Karang Jalak 1 Dalam Pembelajaran Tematik. 6(2), 5-6
Zubaedi. 2011. “Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan”. Jakarta: Kencana
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Dengan diterimanya artikel oleh Tim Editor Equilibrium : Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) dan adanya keputusan untuk menerbitkan artikel tersebut, maka hak cipta tentang artikel ini akan dialihkan ke Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221). Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar memegang hak cipta mengenai semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini. Selain itu Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) memiliki hak untuk memperbanyak dan mendistribusikan artikel dan setiap penulis tidak diperbolehkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang dimuat di jurnal ini.
Surat Pernyataan Keaslian Artikel dan Hak Cipta Naskah dapat anda unduh : di sini
Setelah mengisi dengan lengkap surat pernyataan tersebut, silahkan anda kirimkan lewat e-mail ke alamat : jurnalsosiologi@unismuh.ac.id