Strategi Eksistensi Toko Kelontong di Jalan Kartika Jebres Surakarta Menghadapi Tekanan Modernisasi

Penulis

  • Rosyid Nur Yunianto
  • Yuhastina Yuhastina Pendidikan Sosiologi Antropologi, Universitas Sebelas Maret
  • Nurhadi Nurhadi Pendidikan Sosiologi Antropologi, Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.26618/equilibrium.v10i3.8147

Kata Kunci:

Strategi, Pemilik Toko Kelontong, Modal Sosial

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi eksistensi toko kelontong di Jalan Kartika Jebres Surakarta dalam menghadapi tekanan modernisasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengambilan informan yang digunakan adalah purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam keberjalanan toko kelontong, para pemilik toko berinteraksi dengan konsumen maupun agen distributor. Dalam interaksinya, terdapat unsur-unsur yang ada pada modal sosial yakni dengan adanya sebuah relasi jaringan yang terbentuk oleh interaksi intens antara pemilik toko dengan konsumen dan agen distributor sehingga timbul rasa kepercayaan antara satu dengan yang lain. Dalam interaksinya juga terdapat nilai-nilai informal seperti salam sapa, ramah senyum yang secara sadar maupun tidak sadar akan masuk ke dalam nilai dan norma kesopanan dalam menghargai lawan bicara. Kata Kunci : Strategi, Pemilik Toko Kelontong, Modal Sosial

Referensi

A.C. Nielsen. (2005). Asia Pacific Retail and Shopper Trends 2005. www.acnielsen.de

Al Hudan, Juanda Yusuf. (2016). Dampak Sosial Ekonomi Berdirinya Minimarket Terhadap Toko

Kelontong disekitarnya (Analisis Deskriptif Toko Kelontong di Jl Ir Sutami dan Jl Kartika Jebres).

Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Badan Pusat Statistik. (2019). Profil Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan, dan Toko Modern Tahun

Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Fukuyama, Francis. (2008). Trust, Kebijakan Kebijakan Sosial. Yogyakarta: Qolam.

Moleong, L.J. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pratama, Ortessa Rizki. (2018). Modal Sosial Pedagang Pasar Legi di Era Modernisasi. Surakarta:

Universitas Sebelas Maret.

Rachman, Yoga Tantular & Dendy Syaiful Akbar. (2014). Analisis Kiat Toko Tradisional (Warung)

Untuk Bertahan Ditengah Maraknya Minimarket (Toko Modern). Surakarta: Universitas

Sebelas Maret.

Raharjo, Reza Haditya. (2015). Analisis Pengaruh Keberadaan Minimarket Modern Terhadap

Kelangsungan Usaha Toko Kelontong Di Sekitarnya. Semarang: Universitas Diponegoro.

Soekanto, S. (2017). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Usman, Sunyoto. (2018). Modal Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Westmark, Vickie R. (2004). A Definition for Information System Survivalibity. In 37th annual hawaii

international conference on system sciences, 2004. IEEE

Yuningrum, Heny. (2016). Usaha Untuk Meningkatkan Loyalitas Toko Kelontong dalam Menghadapi

Usaha Ritel yang Menjamur di Masyarakat. Semarang: UIN Walisongo.

Diterbitkan

2022-09-06