Strategy of Lecturer to Implement the Drawing Media in the Indonesian Society Studies
DOI:
https://doi.org/10.26618/equilibrium.v10i2.7692Kata Kunci:
guru, media pengajaran, partisipasi kelas, motivasi, sosiologi pendidikan.Abstrak
Artikel ini menyajikan relevansi peran komponen utama pengajaran di kelas, yaitu guru, media pengajaran, dan partisipasi kelas. Tujuan pengajaran adalah untuk menciptakan kondisi yang merangsang keterlibatan siswa di dalam kelas. Untuk mencapai hal tersebut, di sinilah perlunya penggunaan media ajar sebagai properti yang dapat menarik minat siswa untuk berpartisipasi di dalam kelas. Pada saat yang sama, guru harus memiliki keterampilan dalam menggunakan media pengajaran. Untuk itu dilakukan penelitian dengan cara survey dengan pendekatan ex-post facto pada mahasiswa PKn semester 5 FKIP UPRI Makassar pada mata kuliah Sosiologi Pendidikan. Jumlah mahasiswa semester 5 berjumlah 30 orang ditetapkan sebagai responden dengan teknik Total Sampling. Kepada responden disebarkan angket tentang aktivitas guru, fungsi media, dan tingkat keterlibatan mereka di dalam kelas. Hasil kuesioner dianalisis menggunakan tabulasi frekuensi. Berdasarkan hal tersebut diperoleh hasil sebagai berikut: (1) guru memiliki peran vital dalam menciptakan kondisi yang dapat memotivasi siswa untuk terlibat dalam pembelajaran. (2) jenis media pembelajaran memiliki daya tarik motivasional siswa. (3) tingkat partisipasi kelas muncul dari perpaduan kualitas guru dan penggunaan media pembelajaran. Kesimpulan yang diperoleh adalah kualitas guru menentukan pemilihan dan penggunaan media ajar yang dapat meningkatkan partisipasi siswa di kelas.
Referensi
Asnawir, A., & Usman, usman. (2002). Media Pembelajarran. Ciputat Press.
Azizah, N. (2021). Kreativitas Dosen dalam Pembelajaran Era Kampus Merdeka. In ifit novita; Sari, A. Wahid, F. Mustafida, & Z. Zakaria (Eds.), Dosen Merdeka: Peran, Tantangan, Strategi, Transformasi Inovasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. (pp. 399–406). Unisma Press.
Dewi, I. P., Asrul, H., & Rania, S. (2021). Membat media pembelajarran inovatif dengan media storyline. UNP PESS.
Mulyasa E. (2005). Menjadi Dosen Prosional: mencptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. REmaja Rosdakarya.
Samsu, M. (2021). Dosen dan Kampus Merdeka Sebagai Upaya Transformasi Pendidikan Tinggi dalam Menjawab Tantangan Revolusi Industri 4.0. In ifit N. Sari, A. Wahid, Z. Zakaria, & F. Mustafida (Eds.), Dosen Merdeka: Peran, Tantangan, Strategi, Transformasi Inovasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. (pp. 297–304).
Sudjana, N., & Rivai, R. (2001). Media Pembelajaran. Sinar algesindo.
Suryanto, H. D. (2000). Pendidikan di indonesia memasuki millenium ke III. Adicita Karya Nusa.
Tilaar, H. A. R. (2000). Paradima Baru Penidikan Nasional. Rineka Cipta.
Zainuddin, F., Halim, H., & Zainuddin, R. (2017). Role of Teacher and Parents in Solving Students Learning Difficulties. 8th International Conference of Asian Association of Indigenous and Cultural Psychology (ICAAIP 2017), 285–286.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Dengan diterimanya artikel oleh Tim Editor Equilibrium : Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) dan adanya keputusan untuk menerbitkan artikel tersebut, maka hak cipta tentang artikel ini akan dialihkan ke Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221). Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar memegang hak cipta mengenai semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini. Selain itu Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) memiliki hak untuk memperbanyak dan mendistribusikan artikel dan setiap penulis tidak diperbolehkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang dimuat di jurnal ini.
Surat Pernyataan Keaslian Artikel dan Hak Cipta Naskah dapat anda unduh : di sini
Setelah mengisi dengan lengkap surat pernyataan tersebut, silahkan anda kirimkan lewat e-mail ke alamat : jurnalsosiologi@unismuh.ac.id